Sayuran hijau adalah salah satu sumber gizi yang sangat baik untuk keluarga. Karena kandungan gizinya yang baik, maka kita harus selalu menyajikan sayuran hijau. Nah bagaimana cara memasak sayuran hijau dengan baik?

Ketika kita merebus sayuran hijau, terkadang warna sayuran akan berubah menjadi pucat, tentunya hal tersebut berpengaruh pada tampilan hidangan yang kita sajikan. Tak jarang warna sayuran yang pucat bisa berimbas pada menurunnya selera makan.

Maka dari itu dibutuhkan sebuah trik dalam memasak (merebus) sayuran hijau.

Di artikel ini, kita akan bahas tips khusus dalam memasak sayuran hijau, agar warna sayuran hijau tetap menarik kendati sudah direbus.

Tips Memasak Sayuran

Tips Memasak Sayuran Hijau

Ada sebuah teknik yang akan menjadikan sayuran hijau tidak berubah jadi pucat setelah direbus. Dengan teknik ini kita bisa mengakali warna tampilan sayur hijau yang kita rebus. Seperti apa triknya?

Triknya adalah setelah kita merebus sayuran hijau tersebut, segera tuangkan air dingin kedalamnya. Tujuannya agar sayuran rebus tetap segar dan tak berubah warnanya. Nah setelah Anda menuangkan air dingin tadi, silakan diamkan sayuran Anda selama 15 menit.

Setelah 15 menit, silakan tuangkan kembali air hangat ke sayuran guna menjaga kesegaran sayuran.

Jika semua proses sudah dilakukan, Anda tinggal menghidangkan sayuran hijau tersebut. Kini tampilan sayur rebus Anda akan tetap segar, tidak pucat dan warna alaminya akan tetap tampil menarik.

Bagaimana agar anak suka makan sayur hijau?

Terkadang sebagian anak-anak kurang suka dengan sayuran hijau. Nah bagaimana solusinya?

Hal ini bisa diatasi dengan menyajikan sayuran hijau tersebut dalam bentuk yang menarik. Misalnya Anda bisa membuat kreasi wajah dalam piring dari berbagai sayuran yang ada. Tentunya tampilan wajah pada piring akan lebih menarik ketimbang setumpuk batang sayuran yang lembek.

Teknik penyajian sayur hijau pun juga perlu diperhatikan. Terkadang anak suka dengan makanan yang tidak lembek, untuk itu jangan terlalu lama merebus sayuran Anda. Penyajian sayur dalam keadaan mentah juga bisa membantu agar sayur tidak jadi lembek.

Nah itulah beberapa tips penyajian sayuran hijau di rumah. Memang dibutuhkan kreativitas dan kesabaran untuk menjadi ibu/bapak rumah tangga yang baik. Semoga artikel ini bermanfaat.