Flascokids – Salah satu cara agar tetap bisa bertahan, banyak dari kita yang mulai menambah sumber dana dengan bebisnis. Tetapi, bagaimana jika tidak ada modal untuk memulainya?

Jangan khawatir, dengan menjadi mitra di Flascokids, anda tidak hanya mendapatkan kemudahan dalam berjualan, tetapi juga mendapatkan bimbingan rutin yang akan menunjang kebutuhan Anda, untuk mendapat keuntungan yang fantastis!

Beberapa orang memiliki alasan ingin memulai usaha sendiri, yaitu selain ingin merasakan keleluasaan dan kebebasan berbisnis dan ingin mendapatkan keuntungan penuh, seseorang juga ingin bisa membuka lapangan pekerjaan baru.

Cara berbisnis memulai usaha sendiri perlu dimulai dari bertanya pada diri sendiri. Apa tantangan paling berat dalam memulai usaha sendiri? Bukan tidak ada modal, bukan tidak ada ide baru. Yang paling sulit adalah mempertahankan endurance berbisnis, tetap bertahan dalam usaha meskipun menghadapi banyak tantangan.  Bagaimana cara memulai bisnis atau usaha sendiri supaya tidak mudah menyerah ?

Pasalnya, membuka bisnis sendiri bukanlah hal yang mudah. Ada banyak proses yang mesti dijalani, mulai dari menentukan ide, mengelola keuangan, memproduksi hingga mempromosikannya agar dikenal masyarakat. Namun dalam menjalani proses tersebut tidak akan selalu mulus seperti harapan karena selalu ada tantangan baik itu dari internal maupun eksternal.

Ketika menghadapi tantangan yang ada, tidak jarang yang memilih untuk mundur dan menyerah. Berdasarkan beberapa survei dari entrepreneurship menyebutkan bahwa mayoritas pebisnis yang membuka usaha sendiri mengalami kegagalan pada tahap awal karena langsung menyerah ketika berhadapan dengan tantangan.


Mengapa orang memilih memulai usaha mereka sendiri ?

Ada proses yang harus dilalui dalam memulai dan membangun usaha.

Mulai dari memikirkan ide awal, membuka, memperkenalkan dan mempromosikan usaha tersebut. Dalam proses ini, banyak sekali tantangan dan rintangan. Baik dari internal pebisnis sendiri maupun yang datang dari eksternal.

1. Mempunyai mimpi yang besar

Memiliki mimpi yang besar bukanlah sesuatu yang salah. Karena mimpi yang Anda miliki bisa menjadi motivasi usaha sehingga terus berjuang meskipun banyak rintangan. 

Makanya, saat memutuskan usaha sendiri, kita sebaiknya punya mimpi atau cita – cita yang jelas dan spesifik yang menjadi raison d etre memulai bisnis sendiri.

Ketika kesulitan muncul, mimpi menjadi penyemangat yang menopang kita untuk tidak menyerah, tetapi malahan mencari jalan keluar.

Mimpi menjadi benteng terakhir.

Beberapa motivator terkenal menyarankan bahwa mimpi tersebut harus spesik dan jelas. Dituliskan dalam secarik kertas, kemudian diresapi dan diingat setiap waktu.

2. Bekerja sesuai passion

Passion merupakan penyemangat yang manjur saat bisnis sedang susah. Walaupun penjualan sedang merosot, tetapi karena melakukannya bukan karena tuntutan keuntungan,  namun karena memang menyukainya, kita akan terus berkarya memberikan yang terbaik.

Ketika bekerja sesuai passion. Maka Anda tidak akan banyak memikirkan tentang untung atau rugi. Dengan terus konsisten berkarya, pada akhirnya Anda akan mendapatkan apresiasi dari usaha yang dijalankan.

Konsistensi berkarya pada ujungnya akan mendatangkan apresiasi.

Umumnya, membangun usaha sendiri membutuhkan waktu. Jarang yang bisa berhasil dalam waktu pendek. Stamina untuk bertahan paling efektif  dalah motivasi yang muncul dari dalam. Itulah passion.

3. Belajar dari pengusaha yang sukses

Orang sukses pasti paham bahwa membangun bisnis sendiri bukanlah perkara yang mudah. Pengalaman dari mereka bisa menjadi pengingat dan penyemangat Anda ketika sedang kesulitan dalam usaha. Dari mereka, kita akan paham bahwa jalan memabngun usaha itu tidaklah mudah. Ada proses berliku, naik dan turun, terjal, yang mau tidak mau harus dilewati jika ingin berhasil.

Yang sukses pun pernah melewatinya. Mereka berhasil karena bisa bertahan. Coba dulu berhenti ditengah jalan, pasti keberhasilan yang mereka dapatkan sekarang tidak akan pernah terwujud.

Pengalaman orang sukses ini menjadi reminder yang kuat, menjadi pemompa semangat, ketika sedang lelah atau gundah. Kalau para pebisnis sukses saja butuh waktu dan bahkan butuh pengorbanan untuk bisa berhasil, wajar saja kita yang baru memulai usaha menghadapi masalah.

4. Dukungan dari keluarga

Ketika usaha mengalami kesulitan, keluarga juga akan ikut merasakan dampaknya. Reaksi keluarga bisa ikut menentukan tindakan Anda. Jika keluarga mendukung maka motivasi Anda untuk melanjutkan usaha akan lebih besar.

Makanya, ketika ingin mulai usaha, penting membicarakan dan bicara terbuka kepada keluarga. Menjelaskan bahwa memulai bisnis akan menghadapi masa – masa sulit diawal, tantangan yang tidak mudah, yang membutuhkan dukungan dan pengorbanan dari keluarga.

5. Menghadapi persaingan yang ada

Persaingan merupakan hal yang wajar dalam setiap usaha. Jika ada yang membuka usaha yang sama dengan Anda maka sikapilah dengan bijak. Hal tersebut malah bisa menjadi motivasi untuk memperbaiki kekurangan.

  • Riset Pasar. Perlu dilakukan untuk memastikan bahwa bisnis yang dipilih memiliki prospek dan memahami peta persaingan dalam usaha tersebut.
  • Membentuk Tim. Salah satu kunci keberhasilan merintis usaha baru adalah dukungan tim yang kuat karena tidak mungkin semua hal kita kerjakan sendiri, perlu ada tim dengan SDM yang solid.
  • Membangun Produk dan Model Bisnis. Berhasil tidaknya usaha salah satunya tergantung dari produk yang dijual.
  • Sumber Modal. Dalam membangun usaha, agar berkelanjutan, perlu mempertimbangkan sumber permodalan, apakah akan meengandalkan modal sendiri (bootstrapping) atau mencari investor.

Tips Memulai Bisnis ‘Online’

Saat ini bisnis online memang memiliki prospek yang paling baik dan menguntungkan. Kondisi Indonesia yang sangat luas dan berpulau membuat produk Anda akan lebih mudah dipasarkan secara online. Berikut ini adalah cara memulai bisnis online yang paling efektif.

1. Memiliki website

Membuat website bisa menjadi langkah pertama ketika akan memulai bisnis online. Website tersebut kemudian bisa digunakan sebagai sarana promosi dan memasarkan produknya. Agar produk mudah ditemukan oleh target konsumen, pastikan Search Engine Optimize (SEO) pada website memenuhi syarat. Tanya kepada ahli jika Anda tidak paham bagaimana membuat website yang baik dan benar.

Jadi, membuat website adalah salah satu prasyarat bisa eksis di dunia digital.

Pertama, perlu menentukan nama atau alamat website, istilahnya menetapkan domain. Setelah diputuskan, domain tersebut harus didaftarkan supaya menjadi milik Anda dan tidak diambil orang lain.

Kedua, memilih hosting untuk menjadi ‘rumah’ dari website yang dipilih. Hosting bisa pilih di luar negeri (tentu saja dibayar dalam US$) atau lokal dalam negeri.

Perusahaan untuk mendaftar domain dan menyimpan hosting bisa dilakukan dalam satu perusahaan sehingga lebih mudah. Beberapa perusahaan hosting yang saya tahu punya reputasi bagus dan bisa Anda gunakan adalah:

  • IDwebhost
  • NiagaHoster

Ketiga, setelah domain dan hosting Anda pilih, selanjutnya Anda install template di website tersebut supaya bisa mengisi content. Paling gampang adalah platform WordPress dengan banyak pilihan template gratis.

Karena tujuan akhir dari kampanye tersebut adalah mendorong orang mengunjungi website dan melakukan closing atau pembelian.

2. Manfaatkan media sosial

Indonesia merupakan pengguna sosial media yang sangat aktif, terutama pada Instagram yang kini terbanyak ke-3 di dunia, setelah Amerika Serikat dan Brazil. Anda bisa memanfaatkan media sosial ini untuk melakukan promosi penjualan produk. 

Menurut banyak riset, orang Indonesia adalah salah satu yang paling sosial di dunia online. Apapun aktivitas dibagi di media sosial. Mulai dari yang umum sampai yang privat.

Di Indonesia, jumlah user Instagram selalu bertambah dan Instagram terhubung dengan Facebook, sebagai pemilik, sehingga semakin memudahkan untuk mengidentifikasi target, pembuatan konten hingga penjadwalan tayang iklan.

Beberapa langkah yang perlu dilakukan pengusaha untuk berjualan di Instagram:

  • Membuat akun media sosial untuk usaha terpisah dari akun pribadi, yaitu Instagram for Business;
  • Membuat nama akun yang sederhana, mudah diingat, menjelaskan tentang usaha, dan memiliki nama yang sama dengan platform media sosial lain yang digunakan;
  • Post secara berkala dan rutin, disesuaikan dengan “golden moment”;
  • Usahakan setiap post selalu berkaitan dengan usaha dan buatlah tanda pagar (hashtag) unik yang mencirikan usaha kita dan gunakan itu di setiap post;
  • Jawab pertanyaan yang ditanyakan follower untuk menandakan bahwa akun responsif dan aktif.

Hal yang penting diperhatikan adalah Anda perlu membuat kontak yang jelas di Instagram supaya ketika konsumen tertarik dan bisa langsung menghubungi Anda. Anda perlu membuat ‘CTA’ – Call To Action setelah pengguna melihat iklan Anda.

4. Pelajari ‘Google Adwords’

Jika promosi di media sosial masih kurang nampol, tak ada salahnya Anda mencoba mengiklankan produk di Google Adwords atau iklan di platform Google. Namun, cari tahu terlebih dahulu agar produk yang diiklankan bisa memberikan hasil yang maksimal.

Untuk meningkatkan konversi, saran saya adalah Anda gunakan Google Adwords, yaitu iklan di platform Google. Saat Anda sedang melakukan ‘search’ di Google akan muncul iklan, itu yang disebut Google Adwords.

Semoga Bermafaat >_<