Flascokids – Bagi seorang pebisnis, customer adalah penentu bagi tercapainya kesuksesan dalam segala usaha. Namun, hal tersebut tidak akan tercapai, jika seorang pembeli tidak selesai dalam melakukan transaksi atau gagal closing.

Jika dilihat sepintas, melakukan closing kepada customer memang terlihat sangat mudah dilakukan. Tetapi pada kenyataannya, banyak dari penjual atau sales tidak berhasil dalam mempraktikannya.

Berikut ini adalah cara jitu dalam menghadapi costumer yang bisa Anda praktikan, agar cepat closing. Yuk, simak!

1. Mengasumsikan Customer

Teknik ini memang terkesan terlalu “percaya diri” karena Anda mengasumsikan atau menganggap bahwa customer Anda akan membeli produk Anda dengan memberikan pertanyaan yang halus namun pasti. Dengan memiliki kepercayaan diri, tentu saja teknik ini bisa berhasil hingga ke tahap closing

2. Terapkan Teknik Now Or Never

Teknik now or never ini dapat digunakan dengan memberikan informasi kepada customer tentang promo yang hanya berlaku di waktu tertentu. Buatlah diskon, promo, atau potongan harga yang bisa didapatkan konsumen jika melakukan pembelian saat itu juga.

Tujuan dari menggunakan teknik ini adalah agar konsumen terpengaruh untuk segera membeli produk yang dijual tersebut. Tentunya car aini akan membuat penjualan meningkat karena promo hanya berlaku saat itu dan harga akan kembali normal keesokan harinya.

3. Berikan Solusi Dari Produk Yang Anda Jual

Sebuah produk memang dibuat atau diciptakan sebagai jawaban dari permasalahan yang dialami oleh pelanggan. Melihat alasan tersebut, teknik closing yang efektif adalah dengan memberikan solusi akan permasalahan yang dialami konsumen melalui produk tersebut.

Untuk lebih jelasnya, diumpamakan Anda adalah sales dari produk bantal kesehatan. Agar bisa mencapai closing, berikan informasi kepada konsumen bahwa dengan menggunakan bantal kesehatan tersebut, Anda dapat tidur lebih nyenyak, peredaran darah lancar, dan leher tidak sakit.

4. Buat Customer Menjadi Orang Yang Spesial

Teknik closing yang lainnya adalah dengan memberitahukan jika menggunakan atau membeli produk tersebut, maka customer menjadi orang yang spesial. Buatlah customer merasa sangat beruntung karena bisa mendapatkan produk tersebut.

Buatlah kesan agar customer merasa sangat harus membeli produk saat itu juga. Apabila tidak dibeli sekarang maka akan banyak keuntungan yang terlewatkan. Dengan cara ini customer akan memilih untuk membeli produk tanpa menunda-nundanya lagi.

5. Coretlah Harga Normal

Teknik ini mungkin telah banyak diketahui oleh para pelaku usaha. Sebuah permainan psikologis harga yang mengesankan harga menjadi jauh lebih murah.

Teknik pencoretan ini sangat efektif untuk membuat customer segera membeli produk yang ditawarkan. Teknik ini tidak jauh berbeda dengan teknik perbandingan, hanya saja terlihat lebih sederhana. Anda hanya perlu mencantumkan harga yang saat ini Anda tawarkan, lalu coret harga terdahulu. Dengan begitu, Anda memberi kesan bahwa harga yang Anda tawarkan jauh lebih murah, apalagi jika Anda menjual produk tersebut all in one. Tentu saja banyak orang-orang yang akan tertarik.

7. Tampilkan Testimoni Positif

Seiring perkembangan teknologi, banyak sekali cara closing yang bisa dilakukan. Saat ini banyak yang menggunakan testimoni pelanggan sebagai salah satu cara untuk bisa closing sales. Tampilan testimoni pelanggan akan berfungsi sebagai kesaksian telah menggunakan produk tersebut.

9. Memuji Pelanggan

Semua orang pasti suka ketika ada yang memuji, begitu juga dengan pelanggan. Untuk bisa melakukan closing sales sangat perlu melakukan pujian kepada customer. Efek yang ditimbulkan dari pujian ini akan membuat customer merasa senang dan lebih percaya diri


Selamat mencoba! ^_^