Flascokids – Bagi seorang pebisnis, customer adalah penentu bagi tercapainya kesuksesan dalam segala usaha. Namun, hal tersebut tidak akan tercapai, jika seorang pembeli tidak selesai dalam melakukan transaksi atau gagal closing.

Jika dilihat sepintas, melakukan closing kepada customer memang terlihat sangat mudah dilakukan. Tetapi pada kenyataannya, banyak dari penjual atau sales tidak berhasil dalam mempraktikannya.

Berikut ini adalah cara jitu dalam menghadapi costumer yang bisa Anda praktikan, agar cepat closing. Yuk, simak!

Don’t Stop The Conversation


Kesalahan terbesar yang sering menjadi penyebab seorang customer tidak jadi membeli, adalah tidak konsistennya penjual dalam menyampaikan informasi atau menawarkan informasi berkaitan produk yang ditawarkan.

Hal ini sering terjadi apabila kita melakukan transaksi jual beli melalui WhatsApp. Di mana, seorang customer menghubungi Anda sebagai penjual, untuk menanyakan produk yang dijual, namun kita sebagai penjual kurang responsif atau lelet dalam membalas.

Dampak yang dihasilkan dari hal tersebut, tidak saja membuat costumer Anda merasa kesal, tetapi juga bisa menurunkan kepercayaan mereka kepada Anda sebagai penjual, yang akhirnya mereka gagal closing atau tidak jadi membeli.

Untuk memberi kenyamanan kepada costumer, Anda bisa memulai dengan menanyakan hal-hal apa saja yang diperlukan oleh costumer, tentunya dengan memaksimalkan etika kita sebagai penjual kepada pembeli. Awali dengan salam, sertakan emoticon, buat costumer merasa nyaman dengan bahasa yang Anda gunakan.

Karena pada dasarnya, pembeli manapun akan jauh lebih betah dengan penjual yang ramah dan menyenangkan, bukan?

Now or Never


Teknik closing ini merupakan pendekatan psikologi yang digunakan oleh penjual untuk memaksimalkan pembeli. Teknik Now or never ini berfokus pada tindakan persuasif penjual dalam melakukan transaksi jual beli dengan costumer, di mana penjual memberikan penawaran menarik kepada pembel

Anda sebagai penjual, tentunya bisa memberikan penawaran berupa diskon atau buy one get one yang tentunya memiliki nilai urgensi, atau produk yang Anda tawarkan dan harga yang ditetapkan hanya berlaku pada hari itu. Bagi Anda pebisnis kuliner, teknik now or never ini bisa Anda terapkan dalam konsep “Happy Hour“, di mana pembeli mendapatkan harga menarik di jam yang telah Anda tentukan.

Dengan teknik now or never ini, Anda tidak hanya akan menggaet pembeli dengan mudah, namun teknik ini terbukti ampuh untuk bisnis Anda mendapatkan winning campaign.

Show Benefit


Dari sekian banyak pembeli, ada dari mereka yang mempertimbangkan manfaat atau kegunaan dari apa yang mereka beli. Tipe pembeli ini biasanya akan sangat teliti akan produk yang Anda tawakan. Dalam menggunakan teknikshow benef ini, Anda tidak hanya harus memiliki skill dalam berjualan, tetapi juga sebisa mungkin Anda harus menjamin manfaat dari produk yang Anda tawarkan.

Teknik show benefit ini, biasanya diterapkan oleh Anda yang menekuni bisnis di bidang jasa. Di mana, Anda memiliki privillage khusus untuk mengklaim suatu dampak dari bisnis yang Anda tawarkan.

Secara psikologis, manusia memiliki kecenderungan untuk memiikirkan apa yang penting bagi diri mereka, dengan kata lain seorang pembeli akan senang mendapatkan produk atau jasa yang bermanfaat bagi diri mereka.

Teknik show benefit ini tidak hanya memuaskan costumer secara batin, tetapi juga memperkuat relasi Anda sebagai penjual, dan tentunya membangun hubungan kemanusiaan yang erat dan menguntungkan.

Menghadapi manusia memang tidaklah mudah, tetapi dalam berbisnis, bagaimanapun juga costumer adalah raja. Memuliakan mereka adalah jembatan bagi kesuksesan bisnis Anda.

Selamat mencoba! ^_^