Flascokids – Seperti yang kita tahu, ada banyak permainan yang bisa kita lakukan untuk tetap membuat si kecil sibuk, salah satunya adalah kolase biji bijian.

Kolase sendiri merupakan salah satu jenis kerajinan yang super-super sederhana, asyik, dan menyenangkan untuk kita lakukan bersama si kecil.

Kita bisa membuat kolase dengan menempelkan ragam benda kecil sebagai tekstur gambar, salah satunya adalah bijian-bijian.

Kenapa Kolase Biji Bijian Bagus Untuk Anak?

Oke, sebenarnya tidak melulu soal kolase biji bijian sih lebih ke secara umum yaitu kolase, kenapa ia sangat bagus untuk si kecil?

kolase biji bijian lainnya

Membuat kolase dapat membantu anak membangun kemampuan motoriknya. Selain itu, membuat kolase juga sangatlah menyenangkan. Parents dapat mendorong dan meningkatkan kepekaan si kecil terhadap warna dan tekstur.

Dan apabila parents selesai bermain dan membuat kolase dengan si kecil, tanya atau ajaklah ia berbicara mengenai kolasenya. Hal tersebut juga sangat baik untuk meningkatkan perkembangan kemampuan berbahasanya.

Bermain Kolase

Siapkan item di bawah untuk memulai kolase:

  1. Kertas
  2. Lem
  3. Gunting
  4. Item kolase dalam hal ini biji-bijian

Selain biji-bijian, ada beberapa item lain yang bisa parents gunakan untuk membuat kolase:

  1. Gambar dari majalah atau katalog atau koran dan kawan-kawan
  2. Benang, sobekan gambar, kain, bahkan pita
  3. Remeh nasi atau sereal
  4. Glitter
  5. Objek organik seperti daun, bulu atau pasir

Setelah semuanya siap, mari kita buat kolase!

  • Parents bisa bermain kolase di lantai. Meski begitu, meja mungkin lebih direkomendasikan untuk dapat mengecek item kolase agar tidak berantakan.
  • Beri si kecil instruksi bagaimana cara menempelkan item kolase
  • Ingatlah untuk menuruti keinginan si kecil. Anak mungkin ingin membangun suatu gambar dengan kolase, menempelkan daun atau biji ke permukaan kertas lalu membuat hutan misalnya. Di sisi lain, si kecil juga mungkin hanya ingin menempelkan item kolase untuk membangun pola yang cantik saja. Biarkan ia berkreasi, lalu berilah ia tanggapan positif dan pujian.
  • Duduklah selagi si kecil berkreasi dengan kolase. Mengobrol lah dengannya mengenai apa yang sedang ia lakukan. Contohnya, ‘Bunda suka banget sama gambar burung adek, itu burung pas kita ke kebun binatang yaa?, dan lain sebagainya.

Ada kemungkinan anak yang lebih muda hanya mampu menempelkan beberapa item pada kolasenya. Selain itu, si kecil juga mungkin bahkan belum bisa menggunakan gunting dengan baik.

Dampingi ia dalam bermain, puji semua usahanya dan perhatikan ekspresi kecilnya. Rentang perhatiannya mungkin tidak sepanjang kita orang dewasa, jadi berhenti dan simpan semuanya apabila si kecil sudah merasa cukup atau bosan.

Itu dia, serba-serbi sederhana dan juga tips bermain kolase biji-bijian bersama si kecil. Kolase sangat baik untuk meningkatkan kemampuan motorik serta fokus si kecil. Apabila suka, jangan lupa tinggalkan komentar dan share informasi ini ke teman, tetangga, keluarga, atau siapapun yang membutuhkan, hehe.

Flascokids undur diri, Have a Beautiful Day! See You!