Minyak kutus-kutus adalah minyak alami yang berasal dari Bali. Awalnya, minyak ini diracik untuk mengobati sakit pada kaki. Namun, belakangan ditemukan berbagai khasiat lain dari minyak kutus-kutus.

Minyak kutus-kutus adalah minyak rempah herbal buatan Servasius Bambang Pranoto pada tahun 2012. Bambang, sapaan akrabnya, meracik minyak ini sendiri untuk mengobati kelumpuhan yang ia alami akibat kecelakaan pada tahun 2011.
Setelah menggunakan minyak ini selama kurang lebih tiga bulan, Bambang merasa kelumpuhannya berangsur membaik. Dari situlah, Bambang mencoba melakukan berbagai eksperimen untuk memperbaiki kualitas minyak yang dihasilkannya. Setelah memasarkan dari mulut ke mulut, lama-lama permintaan minyak ini semakin meningkat. Banyak orang yang mengaku sembuh dari penyakitnya karena menggunakan minyak ini secara teratur.

1. Temulawak

Manfaat temulawak telah terbukti dalam pengobatan Cina tradisional. Mereka banyak yang menggunakan temulawak, baik temulawak asli maupun temulawak krim, sebagai obat anti peradangan serta penyembuh luka.

Herbal satu ini juga sering digunakan untuk membantu mengatasi gangguan pencernaan, osteroarthritis, serta membantu pengobatan kanker. Walaupun masih sangat sedikit penelitian yang tersedia terkait manfaat temulawak dengan pengobatan kanker, namun beberapa ahli percaya temulawak dapat berguna untuk membantu pengobatan kanker prostat, kanker payudara, dan kanker usus.

Beberapa manfaat temulawak ada pula yang belum terbukti dalam studi ilmiah. Misalnya, untuk mengatasi ekzema, sirosis, penyakit jantung, masalah kesehatan mulut, serta batu empedu.

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa tak hanya enak diolah menjadi makanan. Faktanya, minyak ini juga menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan Anda. Bahkan, minyak kelapa dapat dikategorikan sebagai superfood berkat kekayaan nutrisinya yang baik untuk kesehatan tubuh.

Berbagai penelitian menemukan bahwa minyak ini bermanfaat untuk mengurangi peradangan karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Selain itu, minyak ini juga dapat membantu mencegah penyakit gusi dan karies gigi, menstabilkan gula darah, membakar lemak perut, hingga memelihara kesehatan rambut dan kulit.

Ketimbang minyak jenis lainnya, minyak kelapa lebih mudah diserap kulit.

3. Meredakan Sakit Kepala

Sakit kepala seringkali menyerang tiba-tiba dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Sakit kepala bisa disebabkan oleh penyakit ringan hingga kronis, baik itu mabuk perjalanan, vertigo, atau pun karena tegang.

Manfaat minyak kutus-kutus dipercaya dapat meredakan sakit kepala yang berlebihan. Untuk pengobatan, Toppers bisa membalurkan minyak di bagian pelipis dan urut secara perlahan. 

4. Meringankan Gangguan Pencernaan

Minyak kutus-kutus juga bermanfaat untuk kesehatan sistem pencernaan yakni mengobati sakit perut, mual, dan diare.

Bagi yang memiliki penyakit asam lambung atau maag, minyak kutus ini dapat dioleskan di area perut setiap 3 jam sekali.  

5. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Minyak kutus-kutus terdiri dari molekul kecil yang bisa meresap ke dalam pori-pori kulit secara efektif. Hal ini dipercaya dapat melembabkan kulit dan membuat wajah terlihat lebih cerah.

Selain itu, minyak kutus ampuh menghilangkan jerawat, bisul, serta komedo. Bagi yang menderita kulit kasar pecah-pecah di bagian lutut dan tumit kaki, coba rutin mengoleskan minyak ini di area tersebut. 

6. Obat Gatal Alami

Gatal-gatal pada kulit akibat alergi dan gigitan serangga dapat menimbulkan bekas luka yang permanen.

Pengolesan minyak kutus-kutus dapat meredakan dan menghilangkan gatal secara perlahan. Aroma dari minyak ini juga diklaim dapat mengusir beberapa jenis serangga. 

Cara aman menggunakan minyak kutus kutus

Agar manfaat minyak kutus kutus dapat bekerja secara optimal, penting untuk menggunakan minyak ini sesuai dengan aturannya. Selalu baca petunjuk pemakaian yang tertera pada label kemasan sebelum menggunakannya.

Pastikan Anda tidak memiliki riwayat alergi terhadap bahan herbal tertentu atau bahan dalam komposisi minyak ini. Jika Anda mengalami kondisi medis serius, sebaiknya Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter untuk memastikan keamanan minyak ini.

Berikut panduan penggunaan minyak kutus-kutus yang perlu Anda ketahui:

  • Cuci tangan pakai sabun sampai bersih. Keringankan kedua tangan menggunakan kain atau lap yang bersih.
  • Balurkan minyak secukupnya pada area tubuh yang bermasalah. Beberapa titik yang disarankan untuk dibalurkan minyak adalah punggung, tengkuk, tulang ekor, telapak dan jari kaki.
  • Pijat perlahan-lahan area yang bermasalah agar aliran darah mengalir lebih lancar.
  • Agar minyak bekerja secara maksimal, gunakan minyak sebelum tidur saat tubuh tidak sedang beraktivitas.
  • Minyak ini bisa digunakan setiap hari sebagai upaya untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Semoga Bermafaat >_<