Flascokids – Ngobrolin calistung atau baca tulis hitung, orang tua biasanya memikirkan masa pra sekolah sebagai waktu yang pas untuk mengajarkan anak. Tapi, tahukah parents kalau calistung untuk anak usia dini sebenarnya sudah bisa kita ajarkan bahkan ketika anak berusia kurang dari satu tahun?

Sebenarnya, banyak dari kegiatan sehari-hari yang kita lakukan bersama anak dapat membantunya mempelajari literasi dan numerasi.

Ada ragam cara untuk parents membantu si kecil mengembangkan kecintaannya pada kegiatan membaca, menulis, ataupun menghitung sejak dini. Rules-nya sederhana kok, keep it fun buat si kecil, jangan buat dia bosan!

Cara Mengajarkan Calistung Untuk Anak Usia Dini: Membaca

Anak mempelajari bahasa, berawal dari sana si kecil mengenal istilah membaca. Dalam hal ini, mengobrol dan menyanyi bersama si kecil merupakan jembatan pertama yang dapat membantu otak anak untuk mengerti apa yang parents ucapkan dan bagaimana cara melakukannya.

Beberapa aktivitas menyenangkan di bawah ini mungkin dapat membantu:

  • Dengarkan musik bersama si kecil, utamakan lagu berbahasa indonesia apabila bahasa indonesia merupakan bahasa yang anda gunakan sehari-hari
  • Menyanyilah dengan si kecil
  • Sering-seringlah berbicara dengannya dengan membahas ragam hal, seperti bagaimana hari si kecil, jelaskan apa yang sedang terjadi dan tanya ia dengan beragam pertanyaan
  • Apabila usia anak mulai bertambah, permainan kata bisa menjadi pilihan selanjutnya
  • Bantu anak merangkai kisahnya sendiri, baik itu dalam bentuk cerita ataupun lagu, yang penting masih berhubungan dengan kesehariannya.

Apakah Membaca Untuk Si Kecil Dapat Membantu?

Pertanyaan selanjutnya, apakah membaca untuk anak dapat sangat membantu? Yap, Yes, Iya dan Betul! Anak sangat menyukai cerita, apalagi yang membacakannya adalah parents.

Membaca Untuk Anak merupakan salah satu hal terbaik yang bisa parents lakukan untuk membantu si kecil mempelajari bahasa, mengajarkannya membaca dan juga meningkatkan kecintaan terhadap membaca.

calistung untuk anak usia dini 03

Suka membaca merupakan modal yang super duper penting untuk anak loh, di bawah ini ada beberapa tips untuk mengajarkannya:

  1. Tak perlu menunggu sampai si kecil tumbuh, mulailah sejak ia lahir
  2. Jadikan membaca sebagai kegiatan spesial atau quality time bersama anak
  3. Membacalah dalam bahasa utama parents
  4. Gunakan dahulu buku bergambar dan berceritalah sesering mungkin
  5. Jelaskan apa yang ada dalam gambar

Dengan melakukan tips di atas, si kecil akan belajar bahwa buku dan kata-kata di dalamnya bisa juga menyenangkan, lucu, dan menenangkan serta penuh dengan kegembiraan.

Membaca – dan dibacakan mirip seperti gerbang untuk belajar. Darinya, lahirlah beragam akses untuk informasi dan pengetahuan.

Teruslah membaca seiring bertambahnya usia si kecil

  • Tentukanlah waktu khusus untuk parents membaca bersama si kecil
  • Biarkan anak memilih buku favoritnya, meski sudah berkali-kali, anak tidak akan pernah bosan mendengarnya
  • Puji ia ketika si kecil mulai berkomentar (dalam hal ini berkontribusi) terhadap cerita yang didengarnya
  • Berhentilah membaca ketika mereka merasa cukup, jangan buat membaca sebagai kegiatan membosankan!
  • Dapatkan buku sebanyak mungkin dari berbagai sumber, mulai dari perpustakaan, bazaar buku, buku bekas atau dari teman pun bisa
  • Buktikan pada si kecil bahwa membaca merupakan kegiatan yang bermanfaat
  • Jadilah role model! Biarkan anak melihat parents membaca, mulai dari buku, koran, atau bahkan majalah. Dengan ini, si kecil dapat melihat bahwa membaca merupakan hal yang penting untuk keluarga.

Cara Mengajarkan Calistung Untuk Anak Usia Dini: Menulis

Mengobrol, menggambar dan membuat coretan menuntun si kecil pada kegiatan selanjutnya, yaitu menulis. Anak, seiring berjalannya waktu akan mempelajari bahwa akhirnya mereka dapat membuat “simbol” seperti huruf misalnya yang ternyata bisa orang lain baca.

calistung untuk anak usia dini 02

Inilah awal mula menulis. Anak biasanya mulai membuat coretan sebelum mereka bisa membaca tulisan. Ada banyak cara untuk mendorong si kecil menulis di usianya yang dini:

  • Jangan jauhkan si kecil dari alat tulis! Buat krayon atau pun pensil gambar menjadi lebih mudah dijangkau untuknya
  • Buatlah huruf (acak) atau coretan dari obyek sekitar seperti batu, blok dan berbagai barang lainnya
  • Tampilkan hasil kreasinya. Bagikan bersama orang lain seperti teman atau keluarga
  • Keluar dan menggambarlah di permukaan tanah, atau bisa juga lumpur hingga pasir
  • Tempelkan ragam huruf di pintu kulkas. Pasti familiar dong dengan huruf magnetik
  • Berilah label pada benda-benda penting seperti pintu kamar anak ataupun kotak mainannya
  • Bermainlah bersama si kecil! Berburu Kata mungkin bisa menjadi alternatif. Tunjukkan bagaimana cara untuk membangun kata dari huruf awal sebuah kata yang anak sukai. Misalnya anak menyukai topi, carilah benda lain yang berawalan T sebagai huruf pertamanya!
  • Ajarkan si kecil cara mengeja namanya
  • Ajak ia untuk membaca tulisannya sendiri
  • Ajak si kecil menulis cerita yang ia ceritakan
  • Biarkan anak melihat parents menulis, lalu ceritakanlah apa yang parents tulis
  • Bersama si kecil, perhatikanlah sekeliling parents dan carilah tulisan-tulisan sederhana untuk ditunjukkan pada anak, mulai dari nama Toko, tulisan pada kendaraan dan lain sebagainya.

Cara Mengajarkan Calistung Untuk Anak Usia Dini: Menghitung

Selanjutnya adalah kemampuan menghitung anak. Memiliki kemampuan menghitung yang baik sangatlah penting untuk pertumbuhan si kecil. Di masa depan, kemampuan ini dapat membantunya dalam menyelesaikan ragam masalah dan bagaimana cara berpikir yang kreatif.

Peluang untuk mengajarkan anak menghitung ada dimana-mana. Matematika tidak melulu soal menghitung saja, ia juga berhubungan dengan proses mengukur, mengurutkan, menyusun pola, nomor, ukuran hingga posisi.

Bukanlah hal yang susah untuk parents memasukkan ide-ide yang berhubungan dengan kematematikaan dalam keseharian si kecil. Tak perlu khawatir, parents tidak perlu “jago” dalam matematika untuk membantu si kecil.

  • Ajak si kecil mengobrol tentang bentuk benda-benda yang ada di rumah. Tanya mereka apa yang sama dan apa yang membedakan
  • Bermain blok juga bisa menjadi alternatif. Pecahlah obyek menjadi potongan-potongan yang lebih kecil. Contoh lain adalah ketika parents ingin membagikan buah (seperti apel, pisang, atau pir misalnya), potong menjadi bagian-bagian kecil dan ceritakanlah apa yang parents lakukan
  • Ajarkan si kecil cocokologi. Cocokkan benda serupa di sekitar parents, seperti sepatu, kaos kaki, piyama dan lain-lain

Bagaimana dengan Penomoran?

Berbeda dengan orang dewasa, anak-anak sangat menyukai yang namanya menghitung. Merupakan hal yang sangat penting untuk anak terbiasa dengan nomor, karena nomor dapat menutun si kecil pada kemampuan matematika lain.

Anak akan banyak menghitung bahkan sebelum mereka memahami arti dari nomor itu sendiri. Tips di bawah bisa membantu anak memahami sistem penomoran:

  • Hubungkan nomor dengan objek di sekitar, khususnya tubuhnya sendiri. Contohnya, ‘satu mulut’, ‘dua telinga’, ‘lima jari’ dan sebagainya
  • Nyanyikanlah lagu yang berhubungan dengan nomor, seperti “Satu Satu Aku Sayang Ibu” misalnya
  • Ketika menuruni atau menaiki tangga, jangan ragu untuk mengajak si kecil menghitungnya
  • Temukanlah nomor dan buku dan benda-benda di sekitarnya
  • Bawa si kecil berbelanja dan ajak dia untuk menghitung benda yang parents beli
  • Bermain blok dan hitunglah tingginya.

Anak belajar dari repetisi. Artinya, kebiasaan si kecil dalam menghitung di kesehariaannya dapat membantu anak untuk memahami lebih cepat sistem penomoran.

Itu dia tips mengajarkan calistung alias baca tulis hitung pada anak usia dini. Ingatlah bahwa anak sangat menyukai explorasi, jangan buat kegiatan membaca, menghitung dan menulis sebagai kegiatan yang berat dan membosankan.

Sebaliknya, buat kegiatan ini menjadi hal yang menyenangkan dan jangan lupa, selalu perhatikan mood si kecil dan jangan paksa ia belajar kegiatan yang ada ketika ia sudah merasa cukup.

Sekian dari flascokids, semoga tulisan ini bermanfaat yaa. Jangan lupa untuk share informasi ini ke teman-teman dan orang-orang di sekitar parents yang membutuhkan. Wassalamu’alaikum Wr. Wb..