Flascokids – Viscose atau yang lebih kita kenal dengan kain Rayon merupakan kain berjenis semi-sintetis. Buat bunda yang belum tahu, viscose ini pada awalnya dikembangkan di Eropa. Namanya sendiri berasal dari karakteristik salah satu tahapan pembuatan kain. Dunia sudah mulai mengenal Viscose di awal abad 20an.

Dalam suatu tahap, rayon berubah bentuk menjadi viscous (kental), mirip seperti madu yang nantinya diproses kembali menjadi bentuk yang lebih solid. Bahan utama rayon adalah bubuk kayu, namun dalam prosesnya, bahan organik ini terus diolah dalam proses super panjang hingga ia bisa kita gunakan sebagai kain.

Karena prosesnya itu, banyak orang yang bingung menentukan apakah rayon masuk dalam kategori serat alami atau sintetis. Meski material utamanya bersifat organik, proses yang harus bahan ini lalui cukup berat dan panjang hingga hasilnyapun pada dasarnya merupakan bahan sintetis.

Lalu, bagaimana dengan karakter, kelebihan, maupun kekurangan jenis kain yang satu ini? Penasaran kan? Simak informasinya!

Mengenal Kelebihan Kain Rayon / Viscose

Beranjak dari pengenalan bahan, viscose memang dikenal sebagai kain yang ramah lingkungan. Ketika produk berbahan rayon sudah tidak lagi fungsional, seratnya akan dengan mudah terurai oleh lingkungan. Selain ramah lingkungan, viscose juga menawarkan tekstur yang lembut.

Karena kelembutannya, banyak yang menyebut bahwa rayon merupakan KW Sutra yang terkenal dengan sifatnya yang serupa. Bahan yang lembut otomatis akan nyaman di kulit, dan menjamin pemakainya tidak akan merasa kepanasan.

Photo By Mittal Trader

Selain lembut, kain viscose juga memberikan kesan elegan karena sifat bahannya yang cenderung jatuh. Viscose juga mempunyai absorption point atau daya serap yang sangat-sangat baik. Mantapnya lagi, meski daya serapnya tinggi, kain rayon yang satu ini juga mudah kering ketika selesai kita cuci.

Menariknya lagi, selain bahannya mudah kering, kita juga tidak akan kerepotan membersihkan viscose dari noda membandel ataupun kotoran yang menempel di permukaan kain. Selama bunda memilih detergen yang tepat, bunda tidak akan kesulitan membersihkan noda.

Selain kelebihan di atas, viscose hadir dengan penawaran super murah apabila kita bandingkan dengan bahan sejenis. Pertimbangan lainnya adalah viscose relatif lebih ringan. Terakhir, karena bisa dengan mudah menyerap berbagai item, viscose juga mudah menyerap pewarna sehingga variasi warnanya sangat-sangat beragam!

Jangan lupa, berbeda dengan kapas, bahan viscose jauh lebih terjangkau karena produksinya yang lebih besar dari segi skala bahkan memiliki nominal tak terbatas, sedangkan tumbuhan kapas bergantung pada hasil panen kapas.

Mengenal Kekurangan Kain Rayon / Viscose

Ngobrolin kelebihan, ngga afdol kalau kita tidak membahas kekurangannya. Meski lengkap dengan banyak kelebihan, viscose juga mempunyai ragam kekurangan secara karakteristik:

Mudah Kusut

Meski lembut, sayangnya jenis kain yang satu ini juga bisa kita kategorikan sebagai bahan yang sangat mudah kusut. Alhasil, ketika menyimpan produk berbahan viscose, lemari hanya akan membuat pakaian kusut terlebih jika masuk ke dalam lemari pakaian penuh sesak. Saat kita gantungpun, alangkah baiknya jika pakaian berbahan viscose tidak saling berpepetan.

Mudah Robek

Kalau yang satu ini memang sangat identik dengan bahan kain berjenis serat alami. Viscose masuk dalam kategori mudah robek saat tidak kita pelihara dengan baik. Daya susut yang tinggi menjadi salah satu penyebab kenapa kain viscose mudah sekali robek.

Tak Tahan Suhu Tinggi

Karena tipis, bahan viscose sebenarnya tidak memerlukan energi panas yang tinggi untuk proses pengeringannya. Saran terbaik tentu saja dengan menjemur viscose dengan cara diangin-angin di dalam ruangan.

Yang jadi perhatian adalah ketika musim kemarau tiba. Suhu sinar matahari sedang panas-panasnya, lalu anda lupa, maka kain viscose akan dengan mudah rusak.

Tidak Ramah Mesin (Cuci)

Meski noda bisa dengan mudah kita bersihkan, kain yang satu ini tidak ramah jika kita masukkan ke dalam mesin cuci. Untuk itu, menjadi tambahan agenda untuk anda yang ingin tetap merawat kain viscose dengan baik.

Itu dia kelebihan dan kekurangan jenis kain Viscose. Untuk mengenal Viscose lebih jauh, masih banyak hal yang belum kita bahas mengenai jenis kain yang satu ini. Kain viscose bisa kita kreasikan ke dalam ragam jenis dan variasi pakaian. Buat kalian yang penasaran dengan jenis kain lain seperti nilon, klik link di samping. Hope you enjoy this content, jangan lupa tinggalin komentar kalau ada pertanyaan yaa, See You!