Flascokids – Visi Misi, dua kata ini mungkin sudah tak asing lagi di telinga kita. Yups, visi dan misi lazimnya selalu menjadi hal pertama yang muncul di benak setiap orang ketika ingin memulai bisnis, organisasi, perusahaan ataupun komunitas.

Visi dan misi memiliki peranan yang super penting sebagai fondasi suatu organisasi. Meski kadang kita dibingungkan dengan arti keduanya, visi dan misi tidak dapat dipertukarkan. Dengan berkembangnya fokus ekonomis maupun sosial di masa sekarang ini, merupakan hal yang sangat baik bagi sebuah organisasi untuk terus meninjau secara berkala visi dan misi mereka.

Satu hal yang harus kita camkan, keduanya sebaiknya tidak tidak disusun secara terburu-buru. Butuh kematangan untuk menentukan fondasi apa yang ingin kita tanam di dalam suatu organisasi. Tanpa berlama-lama, yuk simak informasinya!

Visi

Sebelum kita menelaah lebih jauh perbedaan keduanya, kita gali dulu satu per satu arti dari visi maupun misi. Kita mulai dari Visi. Visi merupakan sesuatu yang menjadi dambaan di masa depan. Visi memberikan gambaran aspirasi tanpa adanya detail lebih spesifik dalam mencapainya. Yang perlu kita perhatikan, visi yang bagus dan baik adalah visi yang bisa memberikan inspirasi bagi orang yang melihat atau mendengarnya.

Visi adalah masa depan dari perusahaan! Dari visi, lahirlah tujuan. Visi artinya ingin menjadi apa kita nanti? Kalau anda bingung menentukan visi, pertanyaan ini mungkin dapat membantu:

  1. Apa impianmu?
  2. Hal apa yang ingin kamu pecahkan untuk kebaikan bersama?
  3. Apa dan siapa yang ingin kamu inspirasi agar berubah?

Visi dapat membantu membantu pertumbuhan baik secara internal maupun external. Visi yang kuat dapat membantu tim untuk fokus pada hal yang berharga untuk perusahaan. Selain membantu pertumbuhan, visi juga dapat mengundang inovasi. Perusahaan yang bergerak berdasarkan visi dapat memvisualisasikan sukses secara keseluruhan karena pada dasarnya, mereka mengerti arti dari sukses itu sendiri untuk perusahaan.

Sebaliknya, perusahaan tanpa visi sama saja dengan jalan menuju kehampaan. Puitis banget ya? Hehe. Maksudnya, bayangkan saja kalau seseorang berjalan tanpa arah, tidak terinspirasi sama sekali. Suatu mukjizat kalau perusahaan bisa survive bahkan tanpa visi yang jelas.

Misi

Kita juga mengenal istilah misi. Misi sendiri merupakan lanjutan spesifik dari apa yang kita jabarkan sebelumnya. Misi adalah apa yang kita kerjakan, inti dari sebuah bisnis yang dari sana, lahirlah tujuan, dan hal-hal yang harus kita lakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Oke, daripada makin ngawur, pertanyaan ini mungkin bisa membantu menentukan Misi kamu:

  1. Apa yang kamu lakukan?
  2. Siapa yang kamu layani?
  3. Bagaimana cara kamu melayani mereka?

Cukup dengan melihat misi, sebenarnya kita bisa dengan cepat mengerti bagaimana sebuah misi dapat memotivasi sebuah tim untuk bergerak maju demi meraih tujuan yang sama. Misi yang lemah hanya mengurangi motivasi tim kamu dalam mencapai tujuan. Tahu sendiri kan akibatnya kalau hal tersebut terjadi pada perusahaanmu? Ngerii..

Perbedaan Visi Misi

Nah, waktunya kita membahas perbedaan keduanya. Kalimat yang pas: Visi berfokus pada apa yang organisasi ingin capai di kemudian hari dan jadi apa organisasi di masa depan, sedangkan misi berfokus pada apa yang harus organisasi lakukan hari ini dan apa sih apa yang harus dilakukan organisasi.

Meski kadang kita bingung dan salah paham akan keduanya, merupakan hal baik untuk kita memiliki visi dan misi. Hal lain yang perlu kita perhatikan, visi tidak akan berjalan tanpa misi maupun sebaliknya. Memiliki tujuan dan impian merupakan hal yang super-duper penting untuk organisasi dan perusahaan miliki.

Contoh Visi dan Misi

Dua contoh yang bisa kita pelajari berasal dari 2 perusahaan raksasa asal negeri Paman Sam.

logo-amazon

Visi: Untuk menjadi perusahaan berorientasi pelanggan terbaik di dunia, dimana kustomer dapat mencari dan menemukan hal apapun yang ingin mereka beli secara online.

Misi: Kami berupaya untuk menawarkan pelanggan kami harga terendah, ragam opsi terbaik dan kenyamanan maksimal!

Kenapa Visi dan Misinya bagus: Dari segi misi, Amazon memang menawarkan secara gamblang layanan yang mereka sediakan untuk kustomer. Visi Amazon mengembangkan lebih jauh ambisi dari misi yang mereka emban, bisa kita lihat di kata “hal apapun” yang pelanggan inginkan.

visi misi tesla

Visi: Untuk menciptakan perusahaan mobil paling menarik di abad-21 dengan mendorong transisi dunia menuju penggunaan kendaraan elektrik.

Misi: Untuk mempercepat transisi dunia menuju penggunaan energi berkelanjutan.

Kenapa Visi dan Misinya bagus: Kalau kita perhatikan, kata “mempercepat” dalam visi Tesla merupakan kata terbaik untuk mendeskripsikan motor penggerak di balik apa yang Tesla lakukan sekarang. Di sisi lain, “yang paling menarik di abad-21” meski sedikit abstrak terhitung luhur untuk mereflesikan mimpi Tesla dalam visinya.

Oke itu dia serba-serbi visi dan misi yang harus kita ketahui sebelum mulai berorganisasi ataupun memulai bisnis. Sebagai fundamental, tenang adalah hal yang sepatutnya kita camkan dalam menyusun visi dan misi.

Tidak perlu terburu-buru. Meski berbeda dengan apa yang biasa kita lihat di papan organisasi, dua contoh tadi juga diharapkan dapat memberi gambaran apa yang bisa kita susun sebagai visi dan misi untuk organisasi. Have a beautiful day, See you!