Flascokids – Nilon yang terkenal sebagai kain kuat, bisa bertahan meski banyak mendapat gosokan dan regangan saat kita cuci ini ternyata rentan terhadap degradasi asam dan sinar matahari. Cara merawat nilon sendiri memiliki bab khusus dalam ensiklopedi pertekstilan.

Banyak dari kita mungkin bertanya-tanya: “Eh, nilon kalo aku bersihin pake mesin cuci boleh nggak ya?”, “Setting pengeringnya gimana nih biar ngga terlalu kerut ke jaketnya?” dan lain sebagainya.

Kali ini, Flascokids sudah mengumpulkan tips ampuh cara merawat nilon yang baik dan benar. Meski tidak salah, membersihkan nilon dengan mesin cuci sebenarnya memiliki banyak kekurangan. Di sisi lain, tidak semua orang punya waktu dan tenaga untuk mencuci produk nilon mereka dengan cara hand-wash.

Oleh karena itu, Yuk kita simak aja langsung tips ampuh cara merawat nilon di bawah ini!

Persiapan Sebelum Merawat Nilon

Jauh sebelum mencuci, ada beberapa hal yang musti anda lakukan khusus untuk kain Nilon. Pertama, produk nilon baiknya kita cuci di batch khusus. Saat menggunakan mesin cuci, jangan satukan kain nilon dengan kain linen atau misalnya katun. Sama halnya jika kita bersihkan dengan cara hand-wash. Jangan satukan kain nilon dalam satu ember yang sama dengan jenis kain lainnya.

Merawat Nilon dengan memisahkan pakaian sesuai jenis kain
Photo by mentatdgt from Pexels

Kedua, gunakan air dingin untuk hasil terbaik. Untuk yang satu ini, tidak semuanya memang akan mendapat hasil terbaik dengan air dingin. Ikuti sesuai instruksi pada clothing tag yang ada pada produk yang anda cuci.

Ketiga, detergen dan pemutih. Masalah detergen, anda bisa menggunakan detergen laundry biasa (sama dengan jenis kain lainnya), tapi urusan pemutih, jangan pernah gunakan pemutih chlorine untuk jenis kain ini.

Proses Mencuci

Dalam hal mencuci, kita pasti sudah tidak asing dengan 2 teknik ini, hand-wash dan dengan menggunakan mesin cuci. Oke, mari kita bahas satu-satu yaa.

Hand-wash biasanya menjadi pilihan utama banyak orang ketika ngobrolin cara merawat kain nilon. Hand-wash alias mencuci dengan tangan memang metode terbaik dan teraman dalam hal mencuci nilon terutama yang bersifat halus.

Mengucek memang bisa jadi cara tercepat, tapi bukan yang paling tepat. Ada baiknya, sebelum masuk ke dalam air, atasi dahulu spot-spot yang kotor satu per satu (Pre-treat). Lalu, tuangkan 2 tutup botol detergen (sesuaikan dengan volume cucian nilon anda yaa) ke dalam air dingin kemudian rendam selama 30 menit. Jangan lupa aduk air dan pakaian agar detergen bisa tersebar dengan merata. Terakhir, bilas dengan mengalirkan air (bisa menggunakan air yang mengalir dari keran) hingga busanya mulai memudar dan hilang. Tak perlu diperas, cukup tekan pakaian nilon hingga airnya keluar.

Menggunakan Mesin Cuci Saat Merawat Nilon
Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

Machine wash alias mencuci dengan mesin cuci juga bisa kita lakukan untuk pakaian berbahan nilon. Pastikan, pakaian dipisahkan berdasarkan warna dan kain sejenis. Kalau pakaian ada yang kotor, kusam atau kumal, pretreat dahulu dengan mengoles sedikit deterjen atau pemutih pada pakaian. Sisanya, cuci dengan mesin dan tunggu hingga selesai.

Mengeringkan

Mengeringkan nilon bisa kita lakukan dengan cara line-dried (perhatikan gambar di bawah) atau dengan pengering. Hindari sinar matahari langsung. Untuk mengurangi kerutan, keluarkan dari pengering selagi basah, atau atur opsi temperatur pengering menjadi terendah.

Line Dried
Photo by Susanne Jutzeler from Pexels

Ingatlah bahwa kain nilon tidak membutuhkan waktu yang lama untuk kering, jadi mulai dari sekarang anda harus lebih rajin memeriksa pengering (saat mengerinkan nilon) untuk menghindari potensi kerusakan pada kain nilon.

Hal Lain Saat Merawat Kain Nilon

Seperti yang kita tahu, kain nilon memang bersifat tahan lama. Tapi, semakin kita cuci dan keringkan, semakin cepat pula jenis kain yang satu ini usang. Mencuci dengan tangan, merupakan solusi terbaik untuk hal ini. Mencuci menggunakan tangan (tanpa mesin) dapat memperpanjang umur kain nilon secara signifikan. Ingat pula kalau nilon bisa dengan mudah kita cuci dan keringkan, mencuci dengan tangan bukanlah pekerjaan yang terlalu intensif.

Itu dia, tips ampuh cara merawat nilon dengan tepat. Tips di atas saya harap bisa membantu anda dalam merawat produk nilon anda agar lebih tahan lama. Setiap kali anda mencuci pakaian nilon, anda sendiri sebenarnya sedang menggiring pakaian tersebut mendekati ajalnya:(

Dengan mengingat hal tadi, lakukan yang terbaik untuk menghindari siklus mencuci yang tidak diperlukan. Contohnya, ketika ada waktu ada baiknya anda mencuci pakaian nilon anda dengan tangan, tak perlu jauh-jauh membawanya ke laundry. Meskipun anda hanya mencucinya sebentar, setidaknya reduksi tersebut dapat membantu memperpanjang waktu pakai pakaian anda.