Flascokids – Indonesia terdiri dari beragam suku, ras, dan agama. Saking banyaknya, jumlah bahasa daerah di indonesia sendiri tidaklah sedikit. Belajar bahasa daerah khususnya untuk si kecil, mungkin bisa menjadi tantangan tersendiri.

Tantangannya sendiri sebenarnya sepadan dengan hasil dan manfaat yang bisa anak dapatkan nantinya. Yuk, simak informasinya!

Manfaat Belajar Lebih dari Satu Bahasa

Membesarkan anak menjadi seorang billingual atau multilingual, bagi sebagian besar orang tua di indonesia mungkin bukan pekerjaan yang “se-susah” di negara lain.

Selain karena secara turun-temurun aktivitas belajar bahasa kedua sudah marak terjadi, bahasa kedua khususnya bahasa daerah memang punya tempat tersendiri di hati kita masyarakat indonesia.

belajar bahasa bersama yang lain

Mengasah kemampuan berbahasa selain baik untuk anak, juga bagus untuk keluarga dan juga masyarakat kita sendiri. Untuk anak, bicara lebih dari satu bahasa biasanya sering dikaitkan dengan:

  • Kemampuan akademik yang lebih baik. Hal ini terjadi karena anak yang billingual atau multilingual bisa berkonsentrasi lebih baik, mampu menyelesaikan masalah dengan lebih baik pula, serta memahami struktur berbahasa dengan lebih baik serta lebih kuat dalam melakukan multitasking
  • Memiliki peluang karir yang lebih beragam di masa depannya nanti.

Anak yang mampu berbicara lebih dari satu bahasa juga memiliki kesadaran identitas yang lebih baik. Hal ini biasanya berasal dari:

  • Kebanggan akan garis keturunan
  • Rasa percaya diri untuk berkomunikasi dengan orang atau keluarga yang juga berbahasa yang sama
  • Senang karena mampu menikmati lagu, film, dan literasi lebih dari satu bahasa.

Untuk keluarga, kecakapan berbahasa ini:

  1. Dapat mengembangkan komunikasi antar anggota keluarga
  2. Memperkuat ikatan emosional
  3. Meningkatkan rasa memiliki antar keluarga dengan budaya dalam keluarga.

Pertanyaan Lain Mengenai Kemampuan Berbahasa Anak

Kita ngga akan bicara mengenai tips dan hal serupa dalam tulisan kali ini. Meski begitu ada beberapa pertanyaan yang mungkin muncul di benak parents berkenaan dengan topik kita kali ini:

bermain bersama

Apakah si kecil bisa memahami perbedaan antara satu bahasa dengan bahasa lainnya?

Ok, anak bisa memahami perbedaan antar bahasa di umur yan gbelia dan juga belajar dua atau lebih bahasa dalam kurun waktu yang sama. Contohnya saja, si kecil akan sadar bahwa ia harus berbicara bahasa Jawa dengan Sang Nenek dan bahasa Indonesia ke guru.

Apakah Billingualisme mempengaruhi Perkembangan Belajar Anak (Inggris/Indonesia)?

Anak yang tumbuh dari keluarga dengan orang tua yang tidak terlalu fasih dalam berbahasa yang lain seperti indonesia atau inggris mampu belajar bahasa dengan lebih baik. Hal ini bisa terjadi karena si kecil sudah memiliki basis berbahasa yang kuat di bahasanya yang pertama dan mempelajari bahasa kedua pun akan menjadi lebih mudah.

Bagaimanakah Billingualisme mempengaruhi Kemampuan Literasi Anak?

Kemampuan literasi disini lebih merujuk pada bagaimana si kecil memahami beragam huruf dan kata. Anak yang mampu berbahasa lebih dari satu dapat membaca dan menulis dalam level yang cukup tinggi. Bahkan si kecil juga mungkin memiliki pemahaman yang lebih baik dalam mengenal relasi antara wujud dan suara dari suatu kata dibandingkan dengan anak yang hanya mengenal satu bahasa saja.

Bagaimanakah Billingualisme mempengaruhi Kemampuan Berbicara Anak?

Setiap anak mengembangkan kemampuan berbicaranya masing dalam tingkatan yang berbeda-beda. Mempelajari lebih dari satu bahasa dalam waktu yang sama sendiri tidak akan mengganggu atau mempengaruhi seberapa dini si kecil belajar berbicara. Terkadang, anak dengan kemampuan berbahasa lebih dari satu mencampurkan bahasa mereka untuk beberapa saat, tapi akan terurai dengan sendirinya setelah mereka menyadari kalau bahasa yang digunakan ternyata lebih dari satu.

Itu dia serba-serbi kemampuan berbahasa si kecil dan bagaimana lebih dari satu bahasa dapat mempengaruhi pertumbuhan si kecil. Apabila bermanfaat, jangan lupa tinggalin komentar dan share informasi ke teman ataupun kerabat parents.

Flascokids undur diri, Wassalamu’alaikum Wr. Wb.