Flascokids – Ngga usah boong, beberapa bulan terakhir banyak dari kita yang cukup babak belur akibat pandemi ini. Mungkin terbesit di benak, ada ngga sih peluang usaha di rumah yang menguntungkan?

Meski secara personal kamu mungkin tidak kehilangan seseorang ataupun bisnis, ekonomi saat ini tetap saja memberi benturan yang besar di sisi finansial. Akibatnya, mau tak mau kamu harus bersedia mencari sumber pendapatan baru.

Kalau kamu sedang mencari sumber cuan baru untuk minimal “bertahan” di tengah pandemi ini, kamu beruntung! Ini dia 5 Ide peluang usaha di rumah saat pandemi berlangsung!

1. Jualan Produk Homemade

Kalau kamu pengrajin (atau tahu seseorang), coba ubah hobimu menjadi suatu bisnis. Bukan isapan jempol belakang loh, meski produk dibuat di studio, dapur, atau workshop orang, sejatinya semuanya akan kembali kamu jual dari rumah.

Ketika kamu punya kuasa untuk mengontrol semua aspek dari produk yang kamu jual, kamu bebas melakukan apa yang kamu mau dengan produk tersebut. Satu yang pasti, improvement pasti menjadi hal utama yang ingin kamu capai dari produkmu.

Improvement seperti apa? Contohnya seperti efektif secara modal, dengan kualitas yang bersaing. Tidak lupa suguhkan produk yang kamu buat khusus untuk audiens tertentu yang tentu saja menargetkan permintaan yang ada di pasar.

Membangun brand produk tidak harus selalu tiba-tiba berskala besar. Ketika bisnismu siap untuk tumbuh, kamu bisa menentukan alur pertumbuhan yang kamu inginkan serta mengerahkan pegawai untuk membantu produksi.

2. Mengajar di Kelas Online

Memang, dengan gelar dan sertifikat sebagai tenaga pengajar, mengajar di kelas online mungkin bukan hal yang baru.

Tapi, engga melulu para tenaga yang didesain sebagai pengajar saja, kamu yang memang punya pengalaman di bidang tertentu (profesional) juga bisa menghasilkan uang dari kegiatan belajar mengajar.

Kalau kamu punya kemampuan yang bisa diturunkan kepada “seseorang”, bukan cuma sharing di forum, kamu juga bisa mengubahnya menjadi kelas online.

Ada banyak sekali audiens untuk ragam kemampuan yang memang sangat pasar butuhkan saat ini, seperti bahasa misalnya, mau itu bahasa daerah ataupun bahasa asing, semuanya bisa kamu tawarkan ke dalam kursus secara langsung (live courses) atau dengan menawarkan media pembelajaran yang telah kamu rekam sebelumnya.

3. Membangun Audiens Yang Bisa Kamu Monetisasi

Kalau kamu konten kreator, dengan sejumlah audiens setia, atau “sosok” yang selalu berpikir untuk memulai blog pribadi, channel Youtube, atau akun Instagram, kamu punya potensi untuk memonetisasi pengikutmu dengan ide-ide yang kami sebutkan dalam list ini.

Kamu juga bisa coba mengeksplor affliasi dengan menjual produk atau layanan mereka. Kalau rumit, kamu mungkin ngga asing dengan istilah pay-promote kan? Kurang lebih seperti itu.

Yang menjadi tantangan adalah membangun audiens yang setia. Prosesnya benar-benar membutuhkan kesabaran, konsistensi alias istiqomah dan fokus tersendiri. Dari semua yang ada di list ini, poin yang satu ini mungkin tips paling nyeleneh karena memang membutuhkan proses yang lama.

Tapi, semuanya akan terbayar kalau kamu berhasil membangun basis follower yang memang berasal dari apa yang kamu suka. Dengannya juga, kamu mendapatkan fleksibilitas untuk meraih dan mendapatkan ragam pendapatan secara langsung.

Ingat, potensi monetisasi bergantung pada niche yang kamu pilih. Apabila nichemu ramai peminat, ngga ada yang perlu kamu khawatirkan selama kamu tahu apa yang sedang kamu lakukan.

4. Dropship & Reseller

Sejauh ini, flascokids sudah mengcover ragam ide bisnis yang membutuhkan rumah sebagai ruang inventorimu. Meski begitu, masih ada kok sejumlah ide bisnis online yang tidak melibatkan inventori ataupun shipping.

Model bisnis dropshipping kalau kita jabarkan, merupakan proses dimana pihak ketiga memproduksi, menyimpan dan mengirimkan produk atas namamu, dengan hanya meninggalkan fokus marketing dan customer service sebagai tanggung jawab utamamu.

Supplier, pihak yang menyuplai barang yang kamu jual bisa bersifat lokal ataupun mancanegara. Yang perlu kamu pastikan adalah kepercayaan untuk secara konsisten memberikan pengalaman terbaik untuk kustomermu setelah sale berakhir.

Intinya, dropshipping melibatkanmu sebagai distributor produk pihak ketiga, menentukan biaya pemasaran sebagai penentu margin penjualan ketika kamu membuat sale.

Menjadi Reseller dan Dropshipper di Flascokids

Flascokids hadir memberikan solusi bisnis tanpa modal, tanpa biaya apapun untuk kamu yang sedang membutuhkan penghasilan.

Gak perlu stok barang, foto dan marketing leadpun semuanya sudah flascokids sediakan hanya untuk kamu. Yang kamu perlukan cuma kuota, dan niat untuk memulai perjalananmu menjadi reseller.

Yuk tunggu apalagi, daftar menjadi reseller di Flascokids sebagai peluang usaha di rumah dengan cara klik Button di bawah ini. Cheers~