Flascokids – ‘Perkembangan’ pada anak usia dini artinya perubahan dalam pertumbuhan fisik anak Anda. ‘Perkembangan’ juga berlaku dalam perubahan keterampilan sosial, emosional, perilaku, pemikiran, dan komunikasi si kecil.

Semua bidang pengembangan ini saling berkaitan, dan masing-masing bergantung serta mempengaruhi yang lain.

Dalam lima tahun pertama kehidupan, pengalaman dan hubungan (dengan seseorang) merangsang perkembangan anak di usia dini, dan menciptakan jutaan koneksi di otak mereka.

Bahkan otak  anak-anak mengembangkan koneksi lebih cepat dalam lima tahun pertama daripada pada waktu lain dalam hidup mereka. Lima tahun adalah waktu ketika fondasi untuk belajar, kesehatan dan perilaku sepanjang hidup tercipta.

Hubungan Sebagai Dasar Perkembangan Anak

perkembangan anak usia dini 02

Hubungan anak-anak mempengaruhi semua bidang dan tahapan perkembangan mereka. Padahal, hubungan adalah fondasi perkembangan anak.

Melalui relasi, anak Anda belajar informasi penting tentang dunia mereka. Misalnya, anak bunda belajar apakah dunia aman, apakah mereka dicintai, siapa yang mencintai mereka, apa yang terjadi ketika mereka menangis atau tertawa, dan masih banyak lagi.

Anak juga belajar dengan melihat hubungan di antara orang lain – misalnya, dengan melihat bagaimana Anda berperilaku dengan anggota keluarga lain. Pembelajaran ini adalah fondasi untuk pengembangan komunikasi, perilaku, sosial, dan keterampilan lainnya.

Bagaimana Perkembangan Dan Pembelajaran Anak Terjadi Saat Bermain

Pada tahun-tahun pertama si kecil, bermain adalah cara utama anak-anak untuk belajar dan berkembang.

Bermain menyenangkan untuk si kecil. Bermain juga memberi anak kesempatan untuk mengeksplorasi, mengamati, bereksperimen, dan memecahkan masalah. Anak akan membutuhkan dukungan dan dorongan bunda untuk melakukan hal ini.

Tetapi penting untuk bunda mencari keseimbangan antara mendukung anak dan membiarkannya mencoba sesuatu sendiri dan kadang-kadang membuat kesalahan. Mencari tahu sendiri tentang bagaimana dunia bekerja adalah bagian besar dari pembelajaran anak Anda.

Waktu yang dihabiskan untuk bermain, berbicara, mendengarkan, dan berinteraksi dengan bunda membantu si kecil mempelajari keterampilan dalam hidup. Keterampilan ini termasuk berkomunikasi, berpikir, memecahkan masalah, bergerak serta menjadi bagian dari masyarakat itu sendiri.

Hal-hal lain yang membentuk perkembangan anak

perkembangan anak usia dini

Gen anak dan faktor-faktor lain seperti makan sehat, aktivitas fisik, kesehatan, dan lingkungan tempat bunda tinggal juga memengaruhi perkembangan dan kesejahteraan anak.

Asupan Gizi yang Sehat
Makanan sehat memberi anak energi dan nutrisi yang mereka butuhkan untuk tumbuh dan berkembang. Ia juga membantu mengembangkan indra perasa si kecil. Makanan keluarga yang sehat dan pola makan di tahun-tahun awal dapat menentukan kebiasaan makan sehatnya di kemudian hari.

Aktivitas fisik
Aktif secara fisik sangat penting bagi kesehatan si kecil. Aktivitas fisik membuat anak bergerak, mengembangkan keterampilan motorik, membantu si kecil berpikir dan memberi anak kesempatan untuk menjelajahi dunia mereka. Dari sana, si kecil akan membutuhkan banyak kesempatan untuk bermain aktif, baik di dalam maupun di luar.

Kesehatan
Penyakit anak seperti pilek, nyeri telinga dan gastroenteritis umumnya tidak akan memiliki efek jangka panjang pada perkembangan. Namun disabilitas, keterlambatan perkembangan dan kondisi kronis atau jangka panjang dapat mempengaruhi pembangunan. Dokter kesehatan dan Profesional disabilitas dapat membantu bunda memahami kondisi anak serta bagaimana hal itu mempengaruhi perkembangan.

Lingkungan dan Masyarakat di Sekitarnya
Perkembangan anak didukung oleh hubungan positif dengan teman dan tetangga, serta akses ke taman bermain, toko, dan layanan lokal seperti penitipan anak, kelompok bermain, taman kanak-kanak, sekolah, pusat kesehatan, dan perpustakaan.

Perbedaan di antara anak-anak

difference!

Secara umum, perkembangan terjadi dalam urutan yang sama pada sebagian besar anak-anak, tetapi keterampilan mungkin berkembang pada usia atau waktu yang berbeda. Misalnya, anak-anak biasanya belajar berdiri, dan kemudian mereka belajar berjalan. Tetapi perkembangan ini dapat terjadi kapan saja antara 8 dan 18 bulan.

Jadi, jika bunda bertanya-tanya apakah perkembangan anak berada di jalur yang tepat atau tidak, ingatlah bahwa perkembangan terjadi dari waktu ke waktu. Perbedaan di antara anak-anak biasanya tidak perlu dikhawatirkan.

Menjadi orang tua

Mau bunda telah berkepala empat, lima ataupun enam, bunda takkan terlepas dari pembelajaran khususnya mengenai si kecil. Percaya diri dengan apa yang bunda ketahui bukanlah hal yang buruk. Mengakui kalau bunda tidak tahu sesuatu dan mengajukan pertanyaan untuk mendapatkan bantuan juga bukanlah hal yang buruk.

Ketika bunda terlalu fokus menjaga bayi atau anak, bunda mungkin lupa atau kehabisan waktu untuk menjaga diri bunda sendiri. Menjaga diri secara fisik, mental dan emosional akan membantu si kecil tumbuh dan berkembang dengan baik.