Flascokids – Nylon atau Nilon merupakan salah satu jenis kain sintetis yang ramai kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih di musim penghujan seperti ini, produk berbahan nilon memiliki peranan tersendiri dalam kehidupan kita.

Sebut saja jas hujan. Tahukah anda kalau karakteristik nilon yang licin, anti air dan anti kerut bisa dikreasikan menjadi jas hujan? Ketika hujan turun, ketiga properti tadi bisa dengan mudah menerjang hujan karena dapat memproteksi pengendara dari percikan hujan.

Selain jas hujan, ada beberapa produk lainnya yang tanpa kita sadari memiliki bahan dasar nilon. Apa saja produknya? Check this out!

Baju Olahraga Berbahan Nilon

Yang Pertama baju olahraga. Memang ada beberapa kontradiksi penggunaan nilon dalam kegiatan berolahraga. Ada yang bilang, nilon kurang baik kita kenakan (saat olahraga) karena sifatnya yang anti air tidak akan menyerap keringat.

Di sisi lain, ketahanan, kekuatan dan sifat elastis nilon dapat sangat membantu kita dalam melakukan olahraga berat seperti fitness. Ada beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan ketika anda mengenakan pakaian berbahan nilon dalam aktivitas olahraga.

celana berbahan nilon untuk olahraga
Photo by Artem Beliaikin from Pexels

Pertama, ukur seberapa keras anda berolahraga. Semakin keras anda workout, keringat akan menjadi tantangan tersendiri saat salah memilih jenis pakaian. Kain organik (seperti linen atau katun) memiliki kelebihan dalam menyerap keringat.

Masalahnya, saat keringat bercucuran, baju yang anda kenakan juga pasti ikut bertambah berat karena keringat yang baju serap. Kain organik mungkin bisa jadi pilihan apabila porsi workout anda tidak terlalu berat.

Tetapi jika porsi olahraga anda bukan sembarang olahraga biasa, atau memang olahraga yang dilakukan berhubungan langsung dengan air (seperti berenang), bahan nilon yang anti air dan flexibilitasnya yang tinggi bisa menjadi pilihan terbaik untuk aktivitas olahraga anda.

Stocking atau Celana Yoga

Nah, stocking dan nilon sebenarnya sudah memiliki sejarah tersendiri. Dulu, jauh sebelum dunia mengembangkan bahan nilon, stocking wanita terbuat dari sutra.

Photo by Alexy Almond from Pexels

Hanya saja, sutra yang notabene memiliki harga yang cukup tinggi membuat banyak perusahaan berlomba-lomba mencari alternatif dengan harga yang lebih terjangkau. Barulah di tahun 1940an nilon mulai dikreasikan ke dalam stocking wanita.

Sekarang, stocking dan bawahan pakaian untuk wanita banyak terbuat dari bahan dasar nilon. Karena propertinya yang elastis dan tahan robek membuat bahan yang satu ini banyak digemari kaum hawa.

Kaos Kaki Berbahan Nilon

Seperti halnya stocking, kaos kaki juga menjadi salah satu produk awal berbahan dasar nilon. Bedanya, kaos kaki jenis ini banyak kita lihat untuk produk khusus outdoor, seperti kaos kaki penjelahan, hiking, atau bahkan militer.

Selain kaos kaki, sabuk juga menjadi satu dari sekian produk berbahan dasar nilon. Ketahanan dan kekuatannya sangat baik dalam kreasi sabuk dari masa ke masa.

Tas atau Bag

Terakhir tas. Tas memiliki banyak jenis, ada yang yang cocok digunakan untuk keperluan sehari-hari, ada yang cocok untuk keperluan travel, hingga kegiatan outdoor ekstrem seperti hiking.

Berbicara tentang tas, selain modis, anda juga pasti mencari beberapa fungsi terapan lain yang mungkin beberapa orang lewatkan.

Kain nilon menawarkan beberapa fungsi ini, mulai dari kuat dan tahan alias durable, anti robek-robek, ringan, water repellent atau anti air, dan mudah dibersihkan serta mudah dikeringkan.

Salah satu jenis nilon yang punya semua karakter ini adalah Longchamp. Nah untuk produk terakhir ini, flascokids punya nih bagwallet sekaligus phone case berbahan longchamp (nilon premium) yang multifungsi dan minimalis. Ruang dompetnya yang besar bisa memuat keperluanmu dalam satu tempat.

Phone Case dan Bagwallet berbahan nilon
Nuima Longchamp Bagwallet

Selain space yang besar, Nuima Bagwallet juga waterproof dan memiliki tali yang adjustable dan bisa kita lepas-pasang.

Itu dia produk-produk clothing yang tanpa kita sadari (beberapa) berbahan dasar nilon. Memang tidak semua produk jaket atau mungkin tas berbahan dasar nilon, tetapi beberapa karakteristik bahan yang satu ini memang cocok untuk produk-produk di atas.

Jangan lupa share untuk berbagi informasi bermanfaat ini bersama teman dan orang di sekitar anda yaa! Let’s discuss more down in the comment section juga, see you!