Flascokids – Seiring waktu berjalan, si kecil akan belajar melakukan ragam kegiatan secara mandiri. Satu yang patut parents antisipasi adalah cara berpakaian anak. Meski sederhana, di mata si buah hati, berpakaian bisa menjadi tantangan tersendiri.

Mengajari si kecil cara berpakaian dapat membantunya membangun rasa percaya diri dan secara tidak langsung dapat memberinya sense of achievement atau rasa bangga terhadap apa yang telah ia raih, dalam hal ini mengenakan pakaian.

Kenapa Anak Harus Belajar Cara Berpakaian?

Terdapat beberapa manfaat yang bisa anak dapatkan dari mempelajari cara berpakaian:

  • Kemampuan motorik halus yang meningkat selagi si kecil belajar cara mengencangkan kancing serta resleting
  • Kemampuan motorik kasar yang juga meningkat selagi si kecil belajar caranya berdiri dengan satu kaki saat mencoba memakai celana
  • Meningkatnya kemampuan kognitif anak selagi ia mengingat pakaian mana yang yang harus dipakai terlebih dahulu serta membangun kesabaran dan perhatian untuk menyelesaikan tugasnya
  • Kemampuan berbahasa yang meningkat berkat edukasi jenis pakaian dengan ragam ukuran dan warna
  • Kepekaan waktu selagi ia belajar untuk berpakaian sesuai acara maupun kondisi cuaca.

Memulai

Sering kita temui anak-anak mulai aware terhadap pakaian saat mereka melepas benda-benda yang memang mudah untuk dilepas seperti kaus kaki atau mungkin topi. Terkadang mereka juga mencoba untuk mengenakannya kembali.

Parents bisa membangun kesadarannya terhadap pakaian dengan menamai ragam pakaian yang coba ia lepaskan. Melalui cara yang sama, anak yang lebih tua atau balita bisa sama-sama belajar mengenai pakaian dengan memberinya pilihan pakaian yang lebih sedikit (limited) dan menamainya selagi parents mengenakannya pada si kecil.

Langkah Langkah Berpakaian

Berpakaian terbentuk dari banyak langkah. Akan sangat membantu untuk si kecil memahami apabila langkah tersebut kita pecah dalam beberapa tahap. Contohnya saat si kecil mencoba mengenakan celana pendek:

  • Tentukan bagian depan dari celana pendek
  • Pegang bagian pegang celana pendek
  • Masukkan satu kaki ke dalam lubang celana selagi memegang celana
  • Lakukan kembali dengan kaki selanjutnya
  • Naikkan celana.

Dengan menuntunnya mengikuti setiap tahap dapat membantu si kecil apa yang harus ia lakukan. Di usianya yang sangat belia, kalimat yang singkat seperti “Celana!” tidaklah buruk. Seiring waktu berjalan, parents bisa menggunakan kalimat yang lebih panjang.

Note: Saat kita melihat si kecil sudah mulai terbiasa mengenakan pakaian secara mandiri (fase ini biasanya dimulai pada usianya yang menyentuh 3 tahun ke atas), parents bisa memeriksa apakah anak mengerti langkah dengan bertanya, “Apa yang pertama harus adek pakai?” Kalau si kecil tidak tahu, bantu dia dengan mengingatkannya.

Masih ada part-2 untuk tulisan flascokids kali ini. Tunggu kelanjutannya besok yaa, Semoga bermanfaat!