Hal positif saat kita berbelanja secara langsung adalah kita bisa lebih menjamin kondisi barang yang dibeli secara pasti. Dan, barang tersebut langsung berada di tangan kita setelah selesai dibayar.

Salah satu hal negatif beli sesuatu secara langsung adalah soal waktu dan tenaga. Inilah yang kemudian bisa diatasi dengan adanya aktivitas belanja online berkat teknologi internet.

1. Cari Tahu Reputasi Penjual

Sebelum memutuskan untuk membeli suatu barang secara online, terutama di marketplace. Penting untuk melakukan riset terlebih dahulu terhadap toko penjual barang yang akan dibeli.

Beberapa langkah yang bisa kamu lakukan, yaitu memastikan status toko apakah aktif atau tidak, lamanya umur toko, hingga testimoni lebih banyak positif atau negatif.

2. Cek Ulasan Produk

Setelah memastikan penjual bisa dipercaya, cek ulasan produk yang ingin kamu beli dari pengguna lain yang sudah membelinya terlebih dulu.

Simak ulasan satu per satu hingga foto yang disematkan guna membuatmu semakin yakin terhadap produk yang akan dibeli.

3. Beli Sesuai Kebutuhan

Sebelum membeli secara online, kita harus tahu apa kebutuhan kita. Beli sesuai kebutuhan, bukan keinginan. Putuskan apakah Anda benar-benar membutuhkan barang yang akan dibeli.

Jika mengikuti keinginan, akan banyak barang yang akan dibeli, padahal anggaran belum tentu memadai. Jangan terlalu sering membuka situs belanja online agar tidak tergoda untuk membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan.

4. Hindari Transfer Langsung

Sebaiknya, pilih platform marketplace jika kita hendak berbelanja secara online. Karena dengan ini, saat melakukan pembayaran akan ada pihak yang berada di tengah-tengah antara pembeli dan penjual.

Jadi, pembeli tidak langsung mengirim pembayaran ke penjual. Tetapi ditampung dulu oleh pihak electronic commerce (e-commerce), dan baru akan dikirim ke penjual setelah dipastikan barang tiba dengan selamat.

Nah, mungkin ada saja penjual yang ‘nakal’ dengan meminta pembeli mentransfer sejumlah uang pembayaran langsung ke rekening mereka. Jika ini terjadi, jangan mau untuk menerima permintaan tersebut.

Karena ini kemungkinan besar adalah penipu. Dengan mengirim pembayaran langsung ke rekening pribadi penjual, artinya akan sulit untuk meminta dana dikembalikan jika barang tidak kunjung sampai.

5. Minta Foto Asli Barang Saat Akan Membeli Barang

Berhati-hati terhadap godaan harga murah, misalnya dari yang harusnya harga normal ratusan ribu rupiah, tiba-tiba menjadi puluhan ribu atau menawarkan harga miring hingga setengah lebih murah dari harga yang normal. Harga yang murah berhubungan dengan kualitas barang.

Ketika membeli produk secara online minta foto aslinya. Jangan hanya mengandalkan foto yang ada di website atau media sosialnya. Seringkali konsumen kecewa karena barang yang diterima tidak sesuai dengan yang ditampilkan oleh seller.

6. Gunakan Rekening Bersama

Gunakan rekening bersama khususnya untuk marketplace. Dengan sistem ini pembayaran tidak akan langsung ke seller, namun ke rekening marketplace.

Tujuannya adalah menghindari penipuan. Jika barang belum sampai ke pembeli sesuai deskripsi, seller tidak akan menerima pembayaran. Seller baru bisa mendapatkan uangnya, ketika pembeli sudah mengkonfirmasi keberhasilan dari transaksi yang dilakukan. Kalau seller nakal, maka uang akan kembali kepada pembeli.

Hati-hati juga dalam memilih dan menggunakan sistem pembayaran (cash on delivery, transfer, kartu kredit, e-money).

7. Lihat Kebijakan Situs Belanja Online terhadap Data Pribadi

Jangan sampai ada poin yang menyebutkan bahwa pengelola situs web tersebut boleh memberikan data pribadi konsumen ke pihak lain. Pastikan Anda sudah membaca dan memahaminya sebelum bertransaksi.

Situs-situs tersebut akan memberikan layanannya secara maksimal apabila Anda ikut memahami aturan yang berlaku. Cermati standar, informasi label/petunjuk penggunaan, layanan purna jual, identitas pelaku usaha, kontak layanan pengaduan konsumen, termasuk kebijakan tentang data diri dan lain sebagainya.

8. Pilih Seller dengan Reputasi Baik

Pilih seller dengan reputasi terbaik. Meski sudah berselancar di situs belanja online terpercaya, ada baiknya memilih seller yang terpercaya.

Saat ini, kebanyakan situs belanja online sudah menggunakan sistem reputasi untuk sellernya, jadi pastikan Anda membeli dari seller yang memiliki reputasi tinggi.

Cermati seller yang sudah terpercaya yang menampilkan foto barangnya dengan jelas dan bukan foto hasil curian untuk mencegah terjadinya penipuan. Lihat juga testimoni atau review dan rating (biasanya dengan logo bintang) dari konsumen. Ciri situs belanja terpercaya adalah direkomendasikan oleh banyak orang dan review konsumen positif.

9. Cek Paket dan Hilangkan Jejak Data

Jika semua hal sudah dipastikan dengan baik dan transaksi berjalan lancar. Maka kita tinggal tunggu saja barang pesanan yang kita beli sampai ke tempat tujuan.

Setelah paket sampai di tangan, apakah sudah selesai? Tentu belum. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka dan memeriksa isi di dalam paket.

Apakah barang yang ada di dalam paket sesuai dengan apa yang kita beli? Dan, pastikan juga tidak ada kerusakan pada produk tersebut. Jika ada kerusakan, kita bisa segera melaporkannya untuk ditangani lebih lanjut.

Belum cukup sampai di situ, biasanya saat barang dikirim akan ada identitas pembeli yang berisi data-data pribadi. Seperti nama, alamat hingga nomor telepon.

Nah, jangan biarkan data-data tersebut kamu buang begitu saja di tempat sampah. Sebelum kertas catatan berisi data itu dibuang, gunting atau hancurkan terlebih dulu agar tidak terbaca.

Hal ini untuk menghindari penipuan yang bisa saja mengatasnamakan diri kita berbekal data-data yang tertera pada paket pengiriman.

10. Pilih Situs Belanja Online Terpercaya

Saat membeli online, pilih situs belanja online yang terpercaya. Situs belanja online terpercaya biasanya sudah dilengkapi metode perlindungan yang terjamin keamanannya.

Cek keamanan situs web dengan mencari info-info web mana saja yang aman dan mana yang tidak aman. Jangan langsung tertarik dengan online shop yang memiliki banyak pengikut tapi jumlahnya tidak sebanding dengan testimoni.

Pastikan testimoni yang disediakan adalah testimoni mereka sendiri bukan testimoni toko lain. Karena ada beberapa e-commerce dan toko online yang membuat testimoni dan review palsu atau hasil rekayasa di media sosial dan forum mereka.

Semoga Bermafaat >_<

Yook Gaes kunjungi juga web shop kami di https://flascokids.com/shop/ insya allah barang baru/original dan juga aman > _<