Flascokids – Membaca dan Bercerita merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting untuk membantu tumbuh kembang anak. Keduanya membantu anak meningkatkan kemampuan berbahasa, pengendalian emosi, kemampuan berimajinasi, dan memperat ikatan antara anak dan orang tua.

Sebagai orang tua, kita bisa membacakan anak berbagai macam buku, terkadang kita cukup melihat gambar-gambar dalam buku dan mengarang cerita bersama si kecil. Selain itu, parents juga bisa berbagi cerita dari budaya parents ataupun menyanyi bersama.

Semua itu merupakan jawaban untuk kita meningkatkan kemampuan linguistik si kecil.

Kenapa Membaca Bersama Anak Sangat Penting?

Berbagi cerita, berbicara, dan bernyanyi setiap hari membantu perkembangan anak Anda dalam banyak hal. Membaca dan berbagi cerita dapat:

  • membantu anak Anda mengenal suara, kata dan bahasa, dan mengembangkan keterampilan literasi awal
  • membantu mengembangkan otak, kemampuan untuk fokus, konsentrasi, keterampilan sosial, dan keterampilan komunikasi anak Anda
  • belajar menghargai buku dan cerita
  • membantu anak Anda mempelajari perbedaan antara ‘nyata’ dan ‘make-believe’
  • memicu imajinasi anak Anda dan merangsang rasa ingin tahu
  • membantu anak Anda memahami peristiwa baru atau menakutkan, dan emosi kuat yang datang bersama mereka
  • membantu anak Anda belajar tentang dunia, budaya mereka sendiri, dan budaya lainnya.
Membaca Bareng Si Kecil

Berbagi cerita dengan anak Anda bukan berarti Anda harus membaca dari buku saja.

Hanya dengan melihat buku dengan anak Anda dan berbicara tentang mereka, Anda bisa menjadi pendongeng yang hebat dan model yang baik untuk menggunakan bahasa dan buku. Anak Anda akan belajar dengan menonton Anda memegang buku dengan cara yang benar dan melihat bagaimana Anda bergerak melalui buku dengan memutar halaman dengan lembut.

Membaca cerita dengan anak-anak juga memiliki manfaat bagi orang dewasa. Waktu khusus yang Anda habiskan untuk membaca bersama-sama mempromosikan ikatan dan membantu membangun hubungan Anda dengan anak Anda.

Anda dapat mulai membaca dengan lantang kepada bayi Anda sedini yang Anda suka – semakin awal semakin baik. Bayi Anda akan senang ditahan dalam pelukan Anda, mendengarkan suara Anda, mendengar sajak dan irama, dan melihat gambar.

Mendongeng dan Menyanyi

Membaca bukan satu-satunya cara untuk membantu pengembangan bahasa dan literasi anak Anda.

Bercerita, menyanyikan lagu dan mengatakan sajak bersama juga merupakan kegiatan yang bagus untuk keterampilan literasi awal – dan anak Anda mungkin akan bersenang-senang pada saat yang sama. Terkadang anak Anda mungkin lebih menikmati kegiatan ini daripada membaca.

Anda dan anak Anda mungkin ingin membuat cerita Anda sendiri atau berbagi cerita keluarga. Anak Anda akan belajar kata-kata dan mengembangkan keterampilan bahasa dari lagu, cerita, dan percakapan yang Anda bagikan bersama.

Membaca Bersama Anak, Kapan Waktu Yang Tepat?

Waktu tidur, waktu mandi, waktu potty, di kereta, di bus, di dalam mobil, di taman, di kereta dorong, di tempat tidur bayi, ketika Anda berada di ruang tunggu GP … setiap saat adalah waktu yang baik untuk sebuah cerita! Anda dapat menjadikan buku sebagai bagian dari rutinitas harian Anda –  bawalah bersama Anda untuk dibagikan dan dinikmati di mana-mana.

Anak Membaca Secara Mandiri

Mengetahui kapan harus berhenti bisa sama pentingnya dengan menemukan waktu untuk berbagi cerita di tempat pertama. Perhatikan reaksi anak Anda terhadap cerita, dan berhenti jika anak Anda tidak menikmatinya kali ini. Anda selalu dapat mencoba buku, lagu, atau cerita lain kali.

Jika Anda tidak memiliki buku atau tidak dapat membuat cerita di tempat, jangan khawatir. Ada banyak cara lain untuk berbagi huruf, kata, dan gambar. Misalnya, Anda dapat melihat:

  • paket di rumah atau di supermarket, terutama kemasan makanan
  • pakaian – apa yang dikatakan di t-shirt? Warna apa itu?
  • surat dan catatan – apa yang mereka katakan? Siapa yang mengirim mereka?
  • tanda atau poster di toko-toko, atau di bus dan kereta api – menunjukkan tanda-tanda yang memiliki huruf yang sama dengan nama anak Anda
  • menu – mungkin menyenangkan bagi anak-anak yang lebih tua untuk melihat menu dan mencari tahu apa yang ingin mereka makan.

Buku Apa Yang Baik Untuk Dibaca Bersama Si Kecil

Sebagai aturan yang luas, anak-anak muda sering menikmati buku, lagu, dan cerita yang memiliki sajak, ritme, dan pengulangan yangbaik. Padahal, salah satu cara yang dipelajari anak-anak adalah melalui pengulangan dan sajak.

Pilih buku yang panjangnya tepat untuk anak Anda dan yang sesuai dengan minat anak Anda yang berubah.

Anda juga dapat memvariasikan buku dan bahan cetak yang Anda baca. Buku gambar, ebooks, majalah, buku petunjuk, panduan TV, dan huruf semuanya bisa menarik dan menarik bagi anak Anda.

Tips Membaca dan Menyanyi Bersama Si Kecil

  • Buat rutinitas dan cobalah untuk berbagi setidaknya satu buku setiap hari. Kursi baca di mana Anda berdua nyaman dapat menjadi bagian dari rutinitas membaca Anda.
  • Matikan TV atau radio, letakkan ponsel Anda diam, dan temukan tempat yang tenang untuk membaca sehingga anak Anda dapat mendengar suara Anda.
  • Pegang anak Anda dekat atau di lutut Saat Anda membaca, sehingga anak Anda dapat melihat wajah dan buku Anda.
  • Cobalah suara dan suara lucu – bermain dan bersenang-senang!
  • Libatkan anak Anda dengan mendorong berbicara tentang gambar, dan dengan mengulangi kata-kata dan frasa yang akrab.
  • Biarkan balita Anda memilih buku ketika mereka sudah cukup tua untuk mulai bertanya – dan bersiaplah untuk membaca buku favorit balita Anda berulang-ulang!

Jika Anda memiliki anak yang lebih tua, mereka dapat berbagi buku dengan anak-anak Anda yang lebih muda, atau Anda semua dapat membaca bersama. Bergantian, mengajukan pertanyaan dan mendengarkan jawabannya adalah semua keterampilan penting yang akan  membantu anak-anak ketika mereka mulai belajar membaca.

Hanya membaca selama beberapa menit pada suatu waktu bagus – Anda tidak selalu harus menyelesaikan buku. Ketika anak-anak tumbuh, mereka biasanya dapat mendengarkan lebih lama.

Itu dia serba-serbi yang harus parents ketahui mengenai kegiatan membaca bareng si kecil. Membaca, Mendongeng maupun bernyanyi sangat penting untuk meningkatkan kecakapan si kecil dalam berbahasa dan bersosialisasi. Hope you enjoy the content, See You!