Flascokids – Memasak memang rutinitas yang tidak bisa dipisahkan dari keseharian. Mengolah hidangan pun bisa jadi merepotkan kalau tidak dibarengi peralatan masak. Tips di bawah ini mungkin bisa membantu bunda dalam memilih alat masak yang sesuai dengan keinginan bunda:

Ketahui Dahulu Berbagai Jenis Alat Masak

memilih alat masak yang tepat 02

Alat masak itu banyak jenisnya. Fungsinya pun beragam tergantung pada apa yang kamu siapkan atau masak. Beberapa di antaranya bersifat vital, sedangkan yang lain bersifat opsional.

Contoh yang vital di antaranya sendok, garpu, mangkuk, pisau serta piring. Di sisi lain, pemotong pizza dan pembuka kaleng tergolong opsional karena frekuensi pemakaiannya tidak setinggi beberapa peralatan yang disebutkan sebelumnya.

Bahan atau Material

memilih alat masak yang tepat 03

Ada empat jenis bahan utensils (peralatan masak) yang banyak kita gandrungi sekarang ini, mulai dari kayu, alumunium, teflon ataupun stainless steel. Semuanya mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Untuk panci, pilihlah material atau bahan yang lebih mudah untuk dibersihkan. Khusus untuk mengaduk, pilihlah material yang tidak mudah menggores panci atau wajan yang kamu gunakan.

Selalu utamakan alat masak berkualitas yang tahan lama. Pilihan tersebut lebih baik daripada nanti di tengah proses memasak, kamu kerepotan dan bikin semuanya ruwet.

Budget

Budget oh budget. Mungkin ada beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan ketika ngobrolin budget.

Pertama, jika ada hubungannya dengan diskon. Tergiur sama diskon emang udah mendarah daging sama kita, tapi bukan berarti ada diskon auto beli juga. Paling ngga, risetlah dulu sebelum kamu membeli utensils apapun itu.

Kedua, kalau kamu ngga punya uang yang cukup, belilah alat masak single-item daripada alat yang bersifat bundle alias set, mengingat harganya yang murah.

Easy-buying, baiknya kamu rencanain alat yang mau kamu beli, simpan dananya dan disaat yang sama belilah yang krusial untuk sekarang.

Ukuran dan Space Yang Akan Alat Habiskan

Selanjutnya lebih obyektif ke alat masak yang akan kamu beli. Pertama ukuran alat. Sebelum beli suatu alat masak, lihat dulu atau bayangin dulu seberapa besar alat yang nanti kamu beli dan space yang akan ia habiskan.

Kedua, bergantung pada feel bunda juga, pastikan alat masak yang kamu pilih menyatu dengan decor dapur. Maksudnya ngga beda sendiri gitu loh, liatnya pun ngga aneh.

Pertimbangkan Garansi Saat Memilih Alat Masak

memilih alat makan yang tepat 04

Terakhir ada garansi. Oke, ngga semua peralatan masak ada garansinya, khususnya yaa kalo kita memang membeli alat yang terhitung murah.

Tapi kalau udah ngobrolin alat masak yang berat? Garansi bisa ngasih kamu sedikit ketenangan. Ngga sedikit sih, tapi jaminan bukanlah hal yang buruk kok.

Oke, itu dia 5 hal yang mungkin bisa kamu pertimbangkan dalam memilih alat masak. Namanya alat, jangan sampai item yang kamu pilih malah menghambatmu ketika memasak yaa.