Flascokids – Susah tidur memang tidak bisa dipisahkan dari istilah insomnia. Untuk yang masih awam dengan istilah ini, ada 3 hal yang mendefinisikan kenapa seorang anak susah tidur.

Pertama, si kecil bermasalah untuk bisa tidur, kedua anak susah untuk tetap tidur di malam hari, ketiga si kecil bangun terlalu dini.

Tiga hal di atas baru indikasi ya bun, kalau dilihat dari frekuensinya, insomnia sendiri terbagi menjadi dua:

  • Short-term insomnia (jangka pendek), berlangsung beberapa hari atau minggu. Yang satu ini juga biasa kita kenal dengan istilah insomnia akut.
  • Long-term insomnia (jangka panjang), berlangsung 3 kali dalam seminggu dan masalah ini bisa bertahan hingga satu bulan atau bahkan lebih. Ia juga kita kenal dengan sebutan insomnia kronis.

Tanda dan Gejala

Seorang anak berkemungkinan mengidap insomnia apabila:

  1. Anak selalu merasa lelah
  2. Banyak beralasan untuk menghindari waktu tidur
  3. Membutuhkan waktu yang lama untuk tidur
  4. Selalu keluar dari tempat tidur dan banyak meminta hal ini dan itu
  5. Banyak terbangun sepanjang malam dan tidak bisa kembali tidur
  6. Susah bangun dari tempat tidur di pagi hari
  7. Tertidur lelap di siang hari
  8. Tertidur di kelas
  9. Susah untuk berkonsentrasi atau mengingat suatu informasi
  10. Memiliki jadwal tidur yang berbeda dari hari ke hari.

Penyebab Anak Susah Tidur

Insomnia bisa disebabkan oleh banyak hal, diantaranya:

  • Kebiasaan sebelum tidur. Contoh yang marak kita temukan adalah screen time anak yang berlebihan, atau mungkin kurangnya kegiatan yang hening dan tenang di kamar seperti membaca
  • Masalah emosional, seperti stres, depresi atau kegelisahan
  • Faktor lingkungan, contohnya di daerah perkotaan yang panas dan bising
  • Kondisi medis anak, contoh yang paling harus bunda awasi adalah asma dan apnea. Asma mungkin tidak asing, sedangkan apnea sendiri adalah gejala berhenti bernafas saat tidur. Hati-hati yaa
  • Penyakit yang membuat anak susah tidur, contohnya masuk angin atau hidung tersumbat
  • Obat-obatan seperti obat untuk mengatasi ADHD ataupun antidepresan
  • Terakhir kafein. Ngga melulu soal kopi, kafein juga bisa kita temukan dalam makanan atau minuman lain loh bun, yang paling digemari anak biasanya coklat atau cola.

Treatment Apabila Anak Susah Tidur

Treatment atau pengobatan untuk mengatasi insomnia si kecil mungkin berbeda-beda tergantung penyebab dari insomnia itu sendiri.

mengatasi anak yang susah untuk tidur

Bunda dan Dokter si kecil harus bekerja sama untuk mencari cara agar anak bisa tidur lebih baik. Pengobatan yang dimaksud diantaranya:

  • Kebiasaan tidur. Insomnia mungkin saja disebabkan oleh berubahnya kebiasaan tidur si kecil. Lakukan hal di bawah ini:
    1. Hindari waktu tidur siang anak
    2. Apabila di kamar anak ada jam dinding, pindahkanlah
    3. Buatlah rutinitas tidur yang lebih tenang dan carilah lingkungan tidur yang tidak bising
  • Kebiasaan di waktu siang. Kebiasaan si kecil di siang hari juga dapat memberi efek yang signifikan pada kualitas tidurnya. Pastikan ia mendapatkan cukup sinar matahari dan kegiatan fisik yang baik. Waktu makan yang teratur juga dapat mendorong kebiasaan tidur yang baik pada anak.
  • Pengobatan medis. Apabila yang menjadi penyebab anak susah tidur adalah kondisi medis, maka ia mungkin membutuhkan pengobatan medis. Contohnya apabila si kecil mengidap apnea karena membesarkan adenoid di bagian mulut, ia mungkin membutuhkan operasi untuk mengangkat adenoid tersebut. Dengan melakukannya, si kecil akan bisa bernafas dengan lebih baik dan mencegahnya bangun di malam hari.
  • Terapi perilaku. Di atas kita membahas salah satu penyebab anak susah tidur adalah masalah emosional. Apabila benar pemikiran negatif menjadi dalang di balik susahnya si kecil tidur, ia mungkin membutuhkan terapi kognitif perilaku. Terapi ini bertujuan untuk mengubah pola pikir dan respons pasien dari negatif menjadi positif.
  • Obat-obatan. Obat tidur sebenarnya sangat jarang dipergunakan untuk anak-anak karena jenis obat ini biasanya memiliki efek samping. Jangan pernah sekali-kali menggunakan obat tidur apabila doktor si kecil tidak menganjurkannya.

Konklusi

tertidur pulas bersama teddy bear

Itu dia serba-serbi insomnia pada anak. Setelah mengetahui ragam informasi mengenai insomnia ini, flascokids harap bunda-bunda di luar sana lebih paham bagaimana menghadapi masalah ini.

Penting untuk kita ingat bahwa tidur merupakan salah satu bagian penting dalam tumbuh kembang si kecil. Apabila tidak diperhatikan dengan baik, dampaknya adalah kesehatan emosi anak yang terganggu. Anak akan cenderung menjadi pribadi yang rewel, mudah marah dan mudah menangis.

Hope you like the content, jangan lupa untuk share apabila bermanfaat yaa, See You!