Bingung Cari Uang Tambahan selama Pandemi? Gabung Jadi Reseller Flascokids Aja!

Bingung Cari Uang Tambahan selama Pandemi? Gabung Jadi Reseller Flascokids Aja!

Flascokids – Di situasi pandemi seperti sekarang, banyak sekali dampak yang kita bisa rasakan. Salah satunya adalah penurunan tingkat ekonomi yang hampir merambah seluruh kalangan.

Salah satu cara agar tetap bisa bertahan, banyak dari kita yang mulai menambah sumber dana dengan bebisnis. Tetapi, bagaimana jika tidak ada modal untuk memulainya?

Jangan khawatir, dengan menjadi mitra di Flascokids, anda tidak hanya mendapatkan kemudahan dalam berjualan, tetapi juga mendapatkan bimbingan rutin yang akan menunjang kebutuhan Anda, untuk mendapat keuntungan yang fantastis!

Adapun beberapa keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan untuk menjadi Reseller di Flascokids, yaitu..

Potensi keuntungan jutaan rupiah tanpa keluar rumah!

Jika Anda mendaftar menjadi agen Reseller di Flascokids, Insyaallah Anda akan mendapat keuntungan yang besar setiap bulannya. Anda tentu tidak perlu repot-repot keluar rumah, cukup duduk manis dan mendapat penghasilan secara gratis.

Mendapatkan marketing kit ( konten foto/ video, deskripsi, copywriting) secara rutin

Yang lebih menarik lagi, dengan menjadi reseller di Flascokids, Anda tidak hanya dibekali usaha untuk berjualan, tetapi juga konten marketing yang menunjang kebutuhan Anda untuki melebarkan sayap di dunia digital.

Networking dan Kekeluargaan

Dengan menjadi Reseller di Flascokids, Anda juga dapat menularkan kebermanfaatan dengan membangun relasi sesama penjual dan memperpanjang silaturahmi.

Selain menjadi Reseller, di Flascokids, Anda juga bisa mendaftarkan diri sebagai Agen, Marketer, atau Dropshiper dengan beragam keuntungan lainnya yang menunjang kebutuhan hidup Anda.

Di zaman sekarang, tidak mudah tentunya mencari reseller terpercaya yang memberikan penawaran praktis dan bernilai jual.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk daftar sekarang!

Lakukan Cara Ini dalam Menghadapi Costumer, Dijamin Cepet Closing!

Lakukan Cara Ini dalam Menghadapi Costumer, Dijamin Cepet Closing!

Flascokids – Bagi seorang pebisnis, customer adalah penentu bagi tercapainya kesuksesan dalam segala usaha. Namun, hal tersebut tidak akan tercapai, jika seorang pembeli tidak selesai dalam melakukan transaksi atau gagal closing.

Jika dilihat sepintas, melakukan closing kepada customer memang terlihat sangat mudah dilakukan. Tetapi pada kenyataannya, banyak dari penjual atau sales tidak berhasil dalam mempraktikannya.

Berikut ini adalah cara jitu dalam menghadapi costumer yang bisa Anda praktikan, agar cepat closing. Yuk, simak!

Don’t Stop The Conversation


Kesalahan terbesar yang sering menjadi penyebab seorang customer tidak jadi membeli, adalah tidak konsistennya penjual dalam menyampaikan informasi atau menawarkan informasi berkaitan produk yang ditawarkan.

Hal ini sering terjadi apabila kita melakukan transaksi jual beli melalui WhatsApp. Di mana, seorang customer menghubungi Anda sebagai penjual, untuk menanyakan produk yang dijual, namun kita sebagai penjual kurang responsif atau lelet dalam membalas.

Dampak yang dihasilkan dari hal tersebut, tidak saja membuat costumer Anda merasa kesal, tetapi juga bisa menurunkan kepercayaan mereka kepada Anda sebagai penjual, yang akhirnya mereka gagal closing atau tidak jadi membeli.

Untuk memberi kenyamanan kepada costumer, Anda bisa memulai dengan menanyakan hal-hal apa saja yang diperlukan oleh costumer, tentunya dengan memaksimalkan etika kita sebagai penjual kepada pembeli. Awali dengan salam, sertakan emoticon, buat costumer merasa nyaman dengan bahasa yang Anda gunakan.

Karena pada dasarnya, pembeli manapun akan jauh lebih betah dengan penjual yang ramah dan menyenangkan, bukan?

Now or Never


Teknik closing ini merupakan pendekatan psikologi yang digunakan oleh penjual untuk memaksimalkan pembeli. Teknik Now or never ini berfokus pada tindakan persuasif penjual dalam melakukan transaksi jual beli dengan costumer, di mana penjual memberikan penawaran menarik kepada pembel

Anda sebagai penjual, tentunya bisa memberikan penawaran berupa diskon atau buy one get one yang tentunya memiliki nilai urgensi, atau produk yang Anda tawarkan dan harga yang ditetapkan hanya berlaku pada hari itu. Bagi Anda pebisnis kuliner, teknik now or never ini bisa Anda terapkan dalam konsep “Happy Hour“, di mana pembeli mendapatkan harga menarik di jam yang telah Anda tentukan.

Dengan teknik now or never ini, Anda tidak hanya akan menggaet pembeli dengan mudah, namun teknik ini terbukti ampuh untuk bisnis Anda mendapatkan winning campaign.

Show Benefit


Dari sekian banyak pembeli, ada dari mereka yang mempertimbangkan manfaat atau kegunaan dari apa yang mereka beli. Tipe pembeli ini biasanya akan sangat teliti akan produk yang Anda tawakan. Dalam menggunakan teknikshow benef ini, Anda tidak hanya harus memiliki skill dalam berjualan, tetapi juga sebisa mungkin Anda harus menjamin manfaat dari produk yang Anda tawarkan.

Teknik show benefit ini, biasanya diterapkan oleh Anda yang menekuni bisnis di bidang jasa. Di mana, Anda memiliki privillage khusus untuk mengklaim suatu dampak dari bisnis yang Anda tawarkan.

Secara psikologis, manusia memiliki kecenderungan untuk memiikirkan apa yang penting bagi diri mereka, dengan kata lain seorang pembeli akan senang mendapatkan produk atau jasa yang bermanfaat bagi diri mereka.

Teknik show benefit ini tidak hanya memuaskan costumer secara batin, tetapi juga memperkuat relasi Anda sebagai penjual, dan tentunya membangun hubungan kemanusiaan yang erat dan menguntungkan.

Menghadapi manusia memang tidaklah mudah, tetapi dalam berbisnis, bagaimanapun juga costumer adalah raja. Memuliakan mereka adalah jembatan bagi kesuksesan bisnis Anda.

Selamat mencoba! ^_^



Alasan Kenapa Daftar Reseller Online Gratis Jadi Solusi Nyari Duit!

Alasan Kenapa Daftar Reseller Online Gratis Jadi Solusi Nyari Duit!

Flascokids – Jualan online emang lagi hangat-hangatnya jadi solusi buat masyarakat yang bingung nyari uang tapi ngga bisa kemana-mana di masa pandemi seperti ini. Nah, banyak dong dari kamu yang search “daftar reseller online gratis” dan kata kunci lainnya.

Lah, emang apa untungnya sih kita jualan online (dropship barang)? Kalau kamu bingung mencari alasan untuk membenarkan langkahmu memulai dropshipping dan jualan online, artikel ini mungkin bisa bantu membulatkan tekadmu:) Check this out!

Pandemi Ngebuat Orang Cinta Belanja Online!

daftar reseller online gratis

Mungkin ini jadi alasan utama kenapa orang jadi milih belanja online di masa pandemi seperti ini. Bukan tanpa alasan, berkaca dari pengalaman deh. Bukan cuma mimin, kamu juga pasti bertransisi menjadi online buyer karena regulasi yang mengitari masa pandemi COVID-19 ini.

Mulai dari penutupan di perbatasan kota lah, takut tertular virus lah, dan lain sebagainya. Iya, itu memang bagian dari usaha pemeriantah buat menahan dan mengurangi penularan virus yang bener-bener ganggu ini.

Tapi jujur deh, sebel ngga sih kamu yang ngebet pengen banget beli ini itu terpaksa mundur dan ngga boleh keluar? Disitulah dropshipping bersinar. Ngemanfaatin derita sama yang kita rasain di orang lain, kamu bisa membantu meringankan beban mereka dengan memulai dropshipping kamu sendiri.

Barangnya? Harus cari yang tepat. Untuk urusan barang, di masa pandemi seperti ini ada beberapa produk yang bisa kamu pasarkan dan pastinya laris manis tanpa banyak orang ketahui. Mau tahu? Tunggu sampe part terakhir yaa:)

Ngga Perlu Keluar Rumah untuk Hasilin Duit!

bisnis di rumah

Yap, kamu ngga salah baca. Di masa pandemi ini, kita ngenal istilah “work from home“. Bukan cuma mereka yang kerja di dunia IT, dalam prakteknya kamu juga bisa manfaatin teknologi yang ada buat bisa kerja di rumah.

Bingung mulai dari mana? Mulai aja dari sosial mediamu! Di masa pandemi seperti ini, pemasaran atau strategi marketingmu harus bisa beradaptasi dengan animo masyarakat. Bukan anime yaa, tapi animo.

Kalau biasanya kamu buka sosial media untuk update status (meskipun masih ada hubungan yang kuat dengan bisnis yang kamu jalanin), sekarang kamu mungkin bisa merambah ke dunia tulis menulis dengan gaya menulis dan gaya bahasamu sendiri.

Ibaratnya nih, kalau ngga pandemi, biasanya kamu bercerita ria di luar dengan kolegamu. Nah, untuk mengganti aktivitas yang satu ini, bersedialah kamu buat bercerita di media sosial. Ngga suka medsos? Jangan malu memulai blog atau websitemu sendiri!

Barang Yang Dijual Makin Unik dan Bervariasi!

troli online

Ada satu hal yang unik di masa pandemi ini. Salah satu yang paling mencolok? Pasti penggunaan masker di luar rumah. Nah, buat kamu yang masih bingung nyari ide produk apa yang “akan” laris di masa pandemi, masker bisa jadi jawabannya!

Masa iya sih masker bakal laris? Oke, mari kita telaah lebih dalam. Ngga dalem-dalem amat sih, tapi secara singkat, masker udah jadi komoditi utama orang-orang yang mau beraktivitas di luar rumah.

Mau ke supermarket? Bawa Masker. Mau ke pasar? Pasti pake masker. Mau nongki? Auto pake masker. Semuanya serba sedia masker. Nah, memanfaatkan momentum seperti ini, jangan ragu buat mulai menjajakan produk yang satu ini.

Fashion Masih Tetap Berjaya Meski di Masa Pandemi!

fashion masih berjaya

Masih nyambung dengan segmen sebelumnya, masker sebenernya masih masuk dalam “family” fashion. Inovasinya pun ngga mati begitu aja loh, masker banyak banget dikreasikan ke dalam beragam bentuk dan warna.

Memadupadankan ide tadi dengan produk fashion lainnya bisa menjadi peluang emas buat kamu yang sedang haus profit. Oke, kita research berdasarkan hal yang dasar deh, contohnya demografis. Di Indonesia, mayoritas penduduk beragam Islam.

Dalam islam, kaum Hawa diwajibkan memakai? Hijab. Gabungin dengan ide pertama tadi, hasilnya? Hijab + Masker = Hijab Masker…

Nah loh, hijab masker? Emang ada produk kayak gitu? Ada dong, kamu search di sosial media atau google, produk yang satu ini udah banyak banget di pasaran. Ngga mau kalah, flascokids juga punya produk Hijab Masker buatan sendiri loh.

Hi Mask – Hijab Masker by Juhda

Kenapa harus Hijab Masker? Ada beribu alasan kenapa hijab masker punya posisi yang kuat di pasar masker sekarang ini. Satu yang paling menonjol, karena hijab masker ngebuat pemakaian masker menjadi lebih praktis.

Ngga perlu khawatir lagi masker hilang atau ketinggalan, karena masker ngga bakalan kemana-mana selama kamu ngga lupa pake hijab. Selain itu, varian warna yang matching bikin penampilan kamu makin fashionable dan tampak percaya diri.

Tersedia 10 varian warna yang bisa lengkapin penampilanmu, ada warna putih, hitam, ungu, baby pink, fanta, coklat tua, coklat susu, maroon, navy, dan grey.

Tertarik memasarkan produk yang satu ini dan raih keuntungan sebesar-besarnya? Jangan malu buat kontak nomor admin di bawah ini yaa, daftar reseller online gratis segera hanya di Flascokids! Pre Order terbatas!

Daftar Reseller Online Gratis hanya di Flascokids

Melanjutnkan keberkahan di bulan suci Ramadhan, Flascokids tetap ikut memeriahkan gemerlap berbagi kesempatan mendapatkan pundi-pundi uang dengan membuka lowongan Reseller ataupun Dropshipper.

Flascokids hadir memberikan solusi bisnis tanpa modal, tanpa biaya apapun untuk kamu yang sedang membutuhkan penghasilan.

Gak perlu stok barang, soal foto dan marketing leadpun semuanya sudah flascokids sediakan hanya untuk kamu. Yang kamu perlukan cuma kuota, dan niat untuk memulai perjalananmu menjadi reseller.

Apa sih keuntungan menjadi Reseller/Marketer/Dropshipper di Flascokids? Keuntungannyaa…. (Biar lebih jelas bisa cek aja langsung di gambar berikut:))

benefit menjadi agen/reseller/marketer/dropshipper di flascokids

Yuk tunggu apalagi, daftar menjadi reseller dan dropshipper di Flascokids sebagai peluang usaha di rumah dengan cara klik Button di bawah ini. See You~

Ini Dia Peluang Usaha Yang Dijamin Laris Di Bulan Ramadhan 2021!

Ini Dia Peluang Usaha Yang Dijamin Laris Di Bulan Ramadhan 2021!

Flascokids – Siapa sih yang ngga kangen sama bulan Ramadhan? Bulan yang penuh berkah ini, emang identik dengan masyarakat yang tiba-tiba membuka usaha dadakan. Yang ngga mau kalah, tentunya harus bersiap-siap membangun peluang usaha di bulan ramadhan.

Ngga mentok di usaha takjil aja, masih banyak peluang usaha lain di bulan ramadhan yang dapat menghasilkan pundi-pundi untukmu menghadap hari raya. Berikut adalah 7 peluang usaha yang bisa kamu lakukan di bulan suci ramadhan. Penasaran? Check this out!

Kurma

Oke, ngga klop sih puasa di bulan ramadhan tanpa buah mungil-manis yang satu ini. Sebenarnya, kurma juga masuk dalam kategori takjil. Meski begitu, kurma punya tempat tersendiri di hati para penikmat takjil ketika buka. Nah, memanfaatkan momentum yang memang sangat tepat, kurma bisa menjadi salah satu sumber pundi-pundi terbaikmu di bulan suci ramadhan.

Mengingat permintaan buah yang satu ini selalu melonjak di bulan ramadhan, tahap pertama buat kamu yang ingin memulai usaha kurma, carilah supplier yang menyediakan kurma dengan kualitas bagus dan harga yang bersaing.

Jangan lupain tanggal kadaluwarsanya juga yaa. Dan terakhir, cek pengemasannya apakah sudah mengikuti standar wadah food grade yang baik atau tidak. Jangan mentok menjajakan buah ini di satu tempat saja, kamu juga bisa menitipkan produk kurma di warung rumahan, penggiat parsel ataupun bazaar biar makin laris manis!

Katering

Menelisik perilaku masyarakat ketika buka, tidak sedikit dari mereka yang suka kelabakan dan tak sempat menyiapkan menu berbuka ketika puasa. Nah, memanfaatkan peluang ini kamu bisa membuka bisnis katering sebagai usaha di bulan suci ramadhan.

Apalagi kalau kamu memang hobi banget, momen ini bisa menjadi kesempatan emas buat kamu mendapatkan pundi-pundi tambahan. Hal pertama yang harus kamu lakukan, adalah riset pasar mengenai harga yang sesuai untuk produkmu.

Buatlah pilihan paket katering mingguan atau bulanan yang bisa dipilih sesuai preferensi konsumer. Kamu bisa menawarkan katering sahur dan berbuka dengan berbagai harga paket terjangkau dan menu makanan menarik.

Parsel Lebaran

Dah lebaran aja nih, padahal puasa aja belom kelar. Eits, jangan salah. Banyak dari kita yang senantiasa ancang-ancang menyiapkan parsel untuk keluarga di hari raya nanti.

Memanfaatkan kesempatan ini, kamu bisa membangun bisnis parsel dengan ragam isian menarik yang buat konsumen ngga mau ketinggalan. Isinya apa? Kue kering check, makanan ringan check, biskuit, dan lain sebagainya. Seperti biasa, jangan lupakan riset pasar terlebih dahulu biar ngga salah menentukan harga yang pas untuk parselmu!

Kue Kering

Kalo tadi parsel, sekarang kita lebih spesifik ke kue keringnya. Kue kering emang banyak banget jenisnya, mulai dari nastar, kue salju, dan lain sebagainya. Memang di awal bulan, kue kering tidak terlalu dicari. Tapi nanti, di penghujung bulan ramadhan, permintaannya bisa dijamin akan sangat melonjak.

Bisnis yang satu ini cocok banget buat kamu yang ahli membuat kue kering. Ngga perlu ahli sih, selama punya kesukaan dan tahu standar mana yang bisa diterima di pasar, ngga menutup kemungkinan bisnis yang satu ini bisa ngasih kamu pundi-pundi tambahan di bulan ramadhan.

Selanjutnya, kamu bisa menawarkan kue buatanmu ke kerabat, rekan kerja, keluarga atau bahkan tetangga. Percayalah, mereka akan senang ketika kamu menjajakan kue kering buatanmu.

Produk Kecantikan

Buat kaum hawa, ada dua hal yang akan diburu untuk memanjakan penampilan dan menyiapkan diri buat bulan ramadhan ataupun hari Raya. Kalau tidak busana yang cantik, pastinya produk kecantikan.

Pertimbangkan diri untuk menjadi reseller makeup atau skincare yang cukup umum di kalangan perempuan, seperti eye shadow, lipstik dan lain-lain. Kalau sudah yakin, jangan lupakan izim BPOM produk dan selalu analisis SWOT agar bisnismu bisa berjalan dengan lancar.

Perlengkapan Ibadah

Untuk beribadah, otomatis kita membutuhkan perlengkapan ibadah. Kelihatannya mungkin sepele, tapi akan berbeda ceritanya ketika kita berada di bulan ramadhan.

Perlengkapan ibadah disini banyak jenisnya. Yang pertama ada Al-Quran untuk kita baca sambil ngabuburit di masjid, sajadah untuk shalat teraweh, tasbih untuk wirid, baju koko; sarung; dan kopiah untuk kaum adam serta mukena yang wajib banget bagi kaum hawa.

Dari sekian banyak produk di atas, masa sih ngga ada yang nyangut satupun untuk konsumen atau mungkin teman, kerabat, dan keluargamu beli. Peluang bisnis yang satu ini sangat dan super duper tepat banget dijalankan di bulan suci ramadhan.

Terlebih menjelang hari raya. Mukena, baju koko merupakan bagian dari fashion. Ngomongin fashion, tentunya ngga itu-itu aja dong kan? Nah, inilah kesempatanmu mendulang uang tambahan di bulan yang berkah ini.

Busana Muslim

Terakhir ada busana muslim. Ngga bisa dipungkiri sih, bisnis yang satu ini memang menjadi salah satu primadona banget dan sangat menguntungkan di bulan ramadhan.

Ngga asing dong, kita lihat satu keluarga bermain ke kota cuma buat nyari busana baru. Tapi jangan salah, selain sudah menjadi tradisi, ada feel tersendiri di balik berburu busana muslim menjelang hari Raya. Apa sih busana muslim yang dimaksud? Buat cewek, bisa berupa gamis dewasa ataupun gamis anak, tunik, jilbab dan lain-lain.

Untuk mengawali peluang bisnis ini, kamu bisa memulainya dengan mencari terlebih dahulu trend pakaian yang lagi ngehits. Selanjutnya, cari supplier atau distributor yang tepat untuk kamu menyuplai produk yang ingin kamu jajakan.

Kalau udah dapet, ngga perlu nunggu lama, selama target pasarnya sesuai dengan circlemu, barang dijamin laris manis dan uang akan mengalir ke sakumu!

Menjadi Reseller dan Dropshipper di Flascokids

Di bulan suci Ramadhan, Flascokids juga ikut memeriahkan gemerlap berbagi kesempatan mendapatkan pundi-pundi uang dengan membuka lowongan Reseller ataupun Dropshipper.

Flascokids hadir memberikan solusi bisnis tanpa modal, tanpa biaya apapun untuk kamu yang sedang membutuhkan penghasilan.

Gak perlu stok barang, soal foto dan marketing leadpun semuanya sudah flascokids sediakan hanya untuk kamu. Yang kamu perlukan cuma kuota, dan niat untuk memulai perjalananmu menjadi reseller.

Apa sih keuntungan menjadi Reseller/Marketer/Dropshipper di Flascokids? Keuntungannyaa…. (Biar lebih jelas bisa cek aja langsung di gambar berikut:))

benefit menjadi agen/reseller/marketer/dropshipper di flascokids

Yuk tunggu apalagi, daftar menjadi reseller di Flascokids sebagai peluang usaha di rumah dengan cara klik Button di bawah ini. Cheers~

Bayi Menangis Terus? Bingung Harus Ngapain? Ikuti Tips Berikut Ini!

Bayi Menangis Terus? Bingung Harus Ngapain? Ikuti Tips Berikut Ini!

Flascokids – Menjengkelkan memang, ketika si kecil tidak mau berhenti menangis. Saat bayi menangis, bunda mungkin khawatir kehilangan ketenangan bunda, takut ada yang salah, dan lain sebagainya.

Hal lain yang mungkin terbesit di benak bunda adalah kekhawatiran kalau skill parenting bunda belum memadai untuk bisa menghandle situasi tersebut. Tapi bunda pasti bisa mengatasinya!

Kenapa Bayi Menangis?

Ada banyak alasan kenapa si kecil menangis, tapi salah satu yang patut bunda ingat adalah, menangis merupakan caranya untuk berkomunikasi. Menangis merupakan satu-satunya cara untuk si kecil menarik perhatian bunda dan mengekspresikan keinginannya.

Di fase-fase awal, apalagi buat ibu yang baru melahirkan, bukan perkara yang mudah untuk mengartikan ragam tangisan si kecil. Tapi seiring berjalannya waktu, bunda pasti terbiasa dan semakin mahir dalam mengenali dan memenuhi keinginannya.

Di bawah ini, ada beberapa alasan kenapa bayi menangis:

  1. Ngantuk dan capek
  2. Popoknya basah
  3. Lapar
  4. Stimulasi berlebih dari bising dan aktivitas di sekitarnya
  5. Alergi terhadap makanan
  6. Sakit
  7. Takut atau gelisah terhadap orang asing (buat dia).

Pertanyaan lain yang mungkin hinggap di kepala bunda, adalah apakah si kecil emang “masa bodo” alias tidak responsif?

Mayoritas bayi menggunakan tangisan untuk berkomunikasi dan tidak akan berhenti sampai orang tua atau pengasuh memenuhi atau minimal merespon keinginannya. Sebagian yang lain, bukannya menangis malah berbalik marah dan diam (kalau sundanya mah “baeud” bun) hingga akhirnya gagal menunjukkan perasaannya.

Nah loh. Kalau bunda pikir-pikir lagi, pasti ngga asing dong dengan kasus di atas? Bahkan sebagian dari kita yang udah dewasa terkadang berperilaku seperti itu ketika dihadang kesulitan.

Bayi yang tidak responsif mungkin tampak seperti bayi yang penurut. Tapi, bayi yang tidak merespon apapun yang kamu atau lingkungan berikan, mungkin benar-benar membutuhkan bantuan. Apalagi ini terjadi, hubungi segera dokter anak bunda yaa!

Mengatasi Bayi Yang Tidak Responsif dan Sering Menangis

Bunda menyadari kalau bayi yang satu dengan lainnya pasti berbeda satu sama lain. Tapi, realitanya masih tetap bisa menjadi pukulan telak, terlebih ketika bunda mendengar orang tua lain berkicau mengenai betapa mudahnya anak mereka tidur dengan damai menjelang malam.

Belajar dari sana, alangkah baiknya bunda menghindari perbandingan macam kasus di atas atau ekspektasi berlebih yang lain. Alasannya, karena hal tersebut hanya melahirkan perasaan negatif terkhusus apabila bunda memiliki bayi yang cukup “menantang” alias challenging.

Untuk situasi-situasi yang stressful, seperti ketika si kecil tidak mau berhenti menangis atau tidak merespon pada bunda, dan juga ketika bunda merasa frustasi, capek, dan marah – bunda perlu meracik strategi khusus untuk mengatasi diri.

Ketika tenang, bunda bisa dengan lebih baik mencari tahu apa yang terjadi dengan si kecil dan cara untuk menenangkannya.

Kondisi Mental Bunda

Berikut ini, ada beberapa hal yang musti bunda perhatikan berkenaan dengan kondisi mental bunda ketika menghadapi tangisan anak:

Ketahui batasanmu. Kenali tanda-tanda apabila bunda kewalahan. Lebih cepat bunda menemukan limit bunda, akan semakin mudah pula bunda menyiasati rencana, untuk support, break atau istirahat, refreshing, atau curhat dengan suami ataupun teman dekat. Langkah ini bisa membantu bunda membangun kondisi mental yang baik dalam merawat bayi.

Waktu. Mayoritas, tangisan bayi memuncak hingga 6 minggu dan secara bertahap akan mereda. Intinya, bunda tak perlu khawatir tangisannya takkan berhenti. Bertahanlah dan semuanya akan menjadi lebih baik.

Cari support. Apabila memungkinkan, mintalah bantuan di waktu-waktu tersibuk bunda. Jangan tolak bantuan seseorang untuk, misalnya membantu pekerjaan rumah, memasak, atau mengasuh si kecil. Berbaurlah dengan sekelompok bunda-bunda lainnya dan keluarlah dari rumah apabila sempat. Sadar akan adanya backup dari orang di sekitar bisa menciptakan perbedaan yang kentara.

Tak perlu sempurna. Parenting ngga melulu soal kesempurnaan. Ngga mungkin juga, bunda bisa hadir menemani si kecil, terus memerhatikannya, terkhusus untuk bayi yang menangis, hampir 24 jam per hari. Para ahli menaksir, memenuhi setidaknya sepertiga kebutuhan bayi setiap harinya sudah cukup untuk membangun bonding yang sehat dengan si kecil. Jangan paksa diri melakukannya seharian. Alangkah baiknya, cobalah untuk relaks dan nikmati waktu bunda ketika si kecil sedang tidak menangis.

Tips Menenangkan Bayi

Berikut ini, ada beberapa tips yang bisa bunda gunakan untuk menenangkan bayi yang sedang menangis. Mungkin akan membutuhkan waktu dan kesabaran, tapi dengan terus berlatih bunda pasti tahu tips mana yang bekerja untuk si kecil dan mana yang tidak:

  • Bedong si kecil. Oke, siapa sih yang ngga tahu cara membedong anak? Gunakan selimut atau kain bedong yang lebar dan tipis untuk membantunya merasa aman.
  • Pangku anak untuk membantu pencernaannya dengan posisi anak menyender ke sisi kiri badan. Usap dengan lembut punggungnya. Apabila si kecil tertidur, ingat selalu untuk baringkan ia di tempat tidur dalam posisi terlentang.
  • Putar suara atau lagu yang menenangkan. Suara yang mengingatkannya ketenangan ketika di dalam rahim bisa membantu, seperti senandung hingga rekaman suara detak jantung.
  • Gendong bayi dan bergeraklah dengan lembut. Seperti step sebelumnya, gerakan yang menenangkan dapat mengingatkan bayi gerakan saat berada dalam rahim.
  • Hindari memberi makan anak secara berlebihan karena hal tersebut dapat membuatnya tak nyaman. Cobalah untuk menunggu 2 hingga 2,5 jam pada sesi awal menyusui menuju sesi selanjutnya.
  • Jika bukan saatnya untuk si kecil menyusui, tawari ia dot atau bantulah si kecil menemukan jarinya. Banyak bayi akan lebih tenang ketika menyedot sesuatu.
  • Apabila sensitifitas makan merupakan penyebab ketidaknyamanannya, perubahan pada pola makan si kecil pasti membantu.
    • Untuk bayi menyusui, bunda bisa mencoba mengganti diet si kecil dengan mengurangi produk susu untuknya. Apabila tidak ada perbedaan, lanjutkan perubahan tersebut.
    • Untuk bayi yang diberi susu botol, tanya dokter apabila si kecil bisa mencoba formula lain. Hal ini telah terbukti membantu untuk sebagian anak.
  • Tulis catatan untuk mengingat kapan si kecil terbangun, tertidur, makan dan menangis. Ingat juga berapa lama anak makan atau menangis. Konsultasilah pada dokter mengenai kebiasaan si kecil untuk memastikan adanya masalah, berhubungan dengan pola tidur atau makannya.
Begini Cara Mengajarkan Toilet Training Pada Anak!

Begini Cara Mengajarkan Toilet Training Pada Anak!

Flascokids – Teruntuk bunda yang belum tahu, toilet training merupakan proses pelatihan kontrol kantung kemih dan buang air besar pada seseorang, khususnya anak. Ada banyak sekali hal yang harus bunda perhatikan dan persiapkan dalam melakukan toilet training ini.

Penasaran? Simak informasinya berikut ini!

Tanda Anak Siap Toilet Training

Bunda mungkin telah melihat tanda-tanda si kecil siap untuk toilet training di umurnya yang menginjak 2 tahun. Beberapa anak menunjukkan tanda ini di umur 18 bulan, dan sebagian lainnya bahkan di usia lebih dari 2 tahun.

Anak mungkin sudah siap toilet training apabila:

  • dapat berjalan dan duduk untuk waktu yang singkat
  • mulai mandiri, termasuk lebih sering menolak alias bilang “tidak”
  • mulai tertarik mengamati orang lain masuk ke toilet
  • mempertahankan popok yang kering hingga 2 jam
  • mulai memberi isyarat pada bunda ketika popoknya basah (BAK dan BAB)
  • mulai tidak menyukai popok, seperti mencoba melepasnya ketika popok basah
  • mampu buang air besar dengan teratur
  • dapat menarik celana ke atas ataupun ke bawah
  • mampu mengikuti instruksi singkat seperti “lempar bolanya ke bunda”.

Tidak semua tanda di atas harus terjadi ketika si kecil siap.

Peralatan Untuk Toilet Training

Potty atau Toilet

Anak-anak bisa memulai toilet training menggunakan potty atau toilet biasa. Si kecil mungkin lebih suka potty daripada toilet atau sebaliknya. Dua-duanya tidak masalah, atau bunda juga tidak perlu sungkan mendorongnya untuk suka pada keduanya.

Potty mudah untuk dipindahkan, dan beberapa anak melihatnya tidak “semenakutkan toilet”. Di sisi lain, toilet yaa toilet, tempat setiap orang melakukan BAB dan BAK.

Jika anak Anda akan menggunakan toilet, Anda juga memerlukan:

  • tangga atau footstool –anak dapat menggunakan ini untuk masuk ke toilet dan mengistirahatkan kaki mereka sambil duduk
  • kursi kecil yang pas dalam kursi toilet besar.

Training Pants

Anak akan lebih mudah memahami toilet training apabila ia sudah tidak lagi mengenakan popok. Dari sana, mungkin sudah waktunya si kecil mengenakan training pants.

Training pants sendiri merupakan pakaian dalam yang bersifat menyerap khusus untuk toilet training. Ia memang tidak sebaik popok dalam serapannya, tapi tetap mampu menahan hal sebesar BAB yang tidak disengaja.

Jangan lupa apabila anak mulai mengenakan training pants, dandani anak dengan pakaian yang mudah untuk dilepas.

Celana Dalam

Terakhir, bunda juga bisa membiarkan anak untuk memilih celana dalamnya sendiri. Menyudahi penggunaan popok merupakan langkah yang besar untuk si kecil. Rayakanlah untuk memudahkan transisi tersebut.

Mempersiapkan Anak Untuk Training Toilet

Siapkan beberapa hal di bawah ini sebelum memulai toilet training pada si kecil:

  • Mulai ajari anak beberapa kata untuk pergi ke toilet – misalnya, “pipis”, “buang air” atau “toilet”.
  • Ketika bunda mengganti popok si kecil, masukkan popok basah dan kotor ke dalam potty – hal ini dapat membantu anak memahami untuk apa potty itu.
  • Biarkan anak mengamati bunda atau anggota keluarga terpercaya lainnya saat menggunakan toilet, dan jelaskan apa yang sedang bunda lakukan.
  • Sekali atau dua kali sehari, mulailah kenakan training pants pada si kecil – hal ini dapat membantu si kecil memahami perasaan basah.
  • Pastikan anak memakan banyak serat serta minum banyak air, sehingga si kecil tidak sembelit. Sembelit sendiri dapat menyebabkan toilet training lebih sulit.

Toilet Training Pada Anak

Akan sangat baik apabila bunda memulai toilet training ketika sedang tidak memiliki perubahan atau kegiatan atau peristiwa besar dalam kehidupan keluarga. Perubahan yang dimaksud seperti pergi berlibur, menitipkan anak, hingga kedatangan bayi baru ataupun pindah rumah.

Dan akan lebih baik lagi untuk memulai toilet training saat bunda tidak memiliki rencana untuk meninggalkan rumah.

Kapan waktunya membawa anak ke toilet?

  • Cobalah jadikan kegiatan ke toilet sebagai bagian dari rutinitas si kecil setiap harinya. Misalnya, dorong anak untuk menggunakan potty atau toilet di pagi hari, dan sebelum atau sesudah makanan ringan atau makan besar.
  • Dorong si kecil untuk pergi ke toilet ketika mereka menunjukkan tanda-tanda seperti menggelia-geliat, mondar-mandir, dan lain-lain. Tapi jangan paksakan si kecil untuk pergi.
  • Tanya si kecil apakah ia ingin pergi ke toilet atau tidak ketika ia berganti kegiatan. Misalnya, bunda dapat mengingatkan anak untuk pergi ke toilet sebelum mereka duduk untuk makan siang.
  • Jika si kecil tidak pipis atau buang air setelah 3-5 menit duduk di potty atau toilet, biarkan ia turun. Akan sangat baik apabila anak tidak duduk di toilet terlalu lama, karena hal tersebut hanya akan terasa seperti hukuman untuk si kecil.

Cara Mendorong Anak

  • Pujilah anak karena berani mencoba. Secara bertahap, kurangi pujian tersebut saat si kecil mulai menguasai setiap bagian dari runtutan proses.
  • Jika si kecil telat ke toilet, cobalah untuk tidak frustrasi. Bersihkan saja tanpa berkomentar atau “memulai” keributan.

Cara Mendandani Anak (Mengenakan Pakaian)

  • Mulai gunakan celana dalam atau training pants sepanjang waktu. Gunakan popok hanya di malam hari dan selama tidur di siang hari.
  • Beri si kecil pakaian yang mudah dilepas – misalnya, celana panjang dengan pinggang elastis. Saat cuaca lebih hangat, bunda bisa membiarkan anak mengenakan celana dalam ketika berada di rumah.

Cara Menjaga Anak Tetap Bersih dan Higienis

  • Bersihkan anus anak sampai si kecil memahami caranya. Ingatlah untuk selalu menyekanya dari depan ke belakang, terutama untuk anak perempuan.
  • Ajari anak (laki-laki) untuk membasuh penisnya setelah pipis untuk menyingkirkan sisa tetesan. Di awal toilet training, bunda bisa mengapungkan bola pingpong di toilet untuk anak bidik. Atau mungkin, si kecil lebih suka duduk untuk pipis.
  • Ajari si kecil untuk mencuci tangan setelah menggunakan toilet.

Bepergian Saat Toilet Training

Akan lebih muda bagi bunda untuk stay dulu beberapa hari ketika si kecil melakukan toilet training. Meski begitu, selalu ada saat dimana bunda memang mau ngga mau harus keluar.

Kemanapun bunda pergi, alangkah baiknya bunda selalu memastikan lokasi toilet terdekat. Lebih baik lagi kalau bunda menyisihkan celana dalam dan baju cadangan untuk si kecil ketika bepergian. Jangan lupa sediakan juga kantung plastik atau kantung tahan air untuk pakaian basahnya nanti.

Terakhir, apabila si kecil mengikuti kegiatan yang membuatnya jauh dari bunda atau sebaliknya, pastikan siapapun yang bertanggung jawab padanya tahu kalau si kecil sedang melakukan toilet training.

Si kecil mungkin akan membutuhkan bantuan orang dewasa untuk menggunakan toilet atau potty.

Tantangan

Anak mungkin marah karena beberapa hal, mulai dari kecelakaan hingga kemunduran progres. Jika ini terjadi, pastikan si kecil tahu bahwa hal tersebut tidak masalah dan ia tidak perlu khawatir.

Berikut ini merupakan tips-tips untuk menghindarinya:

  • Jika bunda yakin si kecil belum pipis atau buang air besar dalam beberapa saat, ingatkan kalau ia mungkin membutuhkannya. Anak Anda mungkin terlalu sibuk melakukan aktivitas untuk pergi ke toilet.
  • Periksa apakah si kecil ingin pergi ke toilet saat waktu bermain yang lama atau sebelum jalan-jalan. Jika ia tidak ingin pergi, maka tak apa-apa.
  • Cobalah pastikan toilet atau potty mudah dijangkau dan digunakan.
  • Mintalah si kecil untuk pipis dahulu sebelum tidur.

Memastikan Si Kecil Tetap Kering Semalaman

Butuh waktu berbulan-bulan hingga bertahun-tahun untuk anak bisa tetap kering semalaman.

Ciri utama kalau si kecil mampu kering semalaman adalah popoknya yang kering ketika pagi menjelang. Ketika bunda mulai melihat ini sebagai rutinitas, bunda bisa berhenti memakaikan anak popok di malam hari.

Bedwetting merupakan hal yang umum, bahkan pada anak-anak usia sekolah. Jika si kecil ngompol di tempat tidur, ada ragam hal yang bisa bunda lakukan ketika bunda atau si kecil siap.

Anak akan belajar cara menggunakan toilet seiring berjalannya waktu. Butuh waktu berhari-hari, berminggu-minggu, atau bahkan berbulan-bulan. Dan BAB akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk adaptasi dibandingkan dengan pipis.

Pada akhirnya si kecil pasti bisa buang air sendiri. Pasti. Jadi, bunda stay positive aja dan fokus pada pelatihannya. Stres dan tekanan, baik untuk si kecil atau bunda sendiri hanya membuat diri menjadi kesal dan jengkel, dan takutnya anak juga malah jadi menghindar dari toilet training.